Latihan Soal PAT PKn Kelas 9 Semester 2 SMP/MTs Tahun 2020-2021
Anaksmp-mts . dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi penilaian tahun (PAT) membutuhkan bekal yang cukup yakni salah satunya dengan belajar, dan pada kesempatan ini kami akan membagikan online classes latihan soal pat pkn kelas 9 semester 2 smp/mts tahun 2020-2021 yang dapat dijadikan media berlatih soal-soal.
Latihan soal pkn kelas 9 semester 2 ini
berjumlah 30 soal yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda dan 5 jenis soal essay,
semoga melalui online classes latihan soal-soal ini dapat membantu adik-adik
dalam mempersiapkan diri sebab tanpa dibarengi dengan belajar harapan untuk
mendapatkan nilai yang cemerlang hanya akan menjadi angan-angan belaka.
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat di antara A, B, C, dan D yang sesuai dengan pertanyaan dengan cara memberi tanda silang (X) pada lembar jawab yang tersedia !
1. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
yang kita rasakan ini, terjadi dalam proses yang dinamis yang berlangsung lama,
karena persatuan dan kesatuan bangsa terbentuk dari proses yang tumbuh dari
unsur-unsur sosial budaya masyarakat Indonesia sendiri , yang...
a. Di tempa dalam jangka waktu yang
terbatas.
b. Digali oleh para pendiri negara sejak
kedatangan penjajah.
c. Digali oleh para pendiri negara sejak
kenangkitan nasional.
d. Di tempa dalam jangka waktu yang lama
sekali.
2. Setiap perkumpulan dan organisasi baik
organisasi kemasyarakatan maupun kekuatan sosial politik wajib....
a. Mengutamakan pengamalan pancasila di
dalam kegiatannya.
b. Menetapkan pancasila sebagai dasar
negara.
c. Mencantumkan nama Pancasila di dalam
anggaran dasarnya.
d. Menyebut kata-kata Pancasila di dalam
kegiatan setiap hari.
3. Salah satu aspek dalam pembinaan
persatuan dan kesatuan bangsa adalah....
a. Melaksanakan pembauran Kebangsaan.
b. Mengawasi kegiatan orang asing di
Indonesia.
c. Menyeragamkan kebudayaan dalam masyarakat.
d. Menolak masuknya kebudayaan asing.
4. Aspek yang sangat penting dalam
menunjang tetap kukuhnya persatuan dan kesatuan bangsa di bumi Indonesia
adalah....
a. Menyosialisasikan hukum kepada
masyarakat pedesaan.
b. Memantapkan kerukunan hidup umat beragama.
c. Memberikan hukuman yang berat kepada
provokator kerusuhan.
d. Memberikan honorarium kepada tokoh masyarakat yang mampu menciptakan kerukunan.
5. Berikut ini yang bukan unsur-unsur
penting bagi pembentukan nasionalisme Indonesia adalah....
a. Persamaan asal keturunan bangsa (etnik)
b. Persamaan pola kebudayaan
c. Persamaan status sosial di masyarakat
d. Persamaan tempat tinggal (tanah air)
6. Contoh Pengembangan dan penerapan
persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dapat dilakukan melalui
kegiatan....
a. Mengerjakan tugas guru didalam menjawab
soal secara bersama-sama.
b. Membersihkan lingkungan sekolah
bersama-sama.
c. Memakai peralatan belajar secara
seragam seluruh siswa.
d. Melaksanakan ibadah secara bersamaan
dari berbagai agama.
7. Masyarakat Indonesia yang bercorak
Bhineka Tunggal Ika itu, pada dasarnya merupakan potensi kekayaan bangsa yang
menjadi energi kemajemukan dan demokrasi, namun dibalik itu..
a. Juga sangat rentan dengan konflik.
b. Sangat mudah diadu domba oleh bangsa
asing.
c. Sangat mudah berkembangnya sikap
sukuisme
d. Selalu menimbulkan perselisihan antar
kelompok
8. Keberagaman suku bangsa dan budaya di
Indonesia jika tidak benar-benar ditangani secara tepat akan....
a. Memacu timbulnya pertentangan antara
warga masyarakat dengan pejabat.
b. Berdampak negatif berupa timbulnya
pertentangan antar budaya.
c. Memacu perselisihan antara kelompok
orang kaya dengan kelompok yang miskin.
d. Mendorong perselisihan antara kelompok
tradisional dengan kelompok mederat.
9. Pada era reformasi sekarang ini, dampak
negatif akibat keberagaman sosial budaya, adalah menimbulkan konflik antar elit
dan golongan politik, sehingga....
a. Memicu tumbuhnya perasaan curiga
mencurigai di antara para pejabat.
b. Menganggu hubungan anatara pejabat
pusat dan daerah.
c. Mengendorkan semangat nasionalisme di
kalangan pejabat tingkat pusat.
d. Menghambat jalannnya roda
pemerintahan dan pelaksanaan
pembangunan.
10. Berikut ini merupakan perilaku yang
wajib di hindari oleh bangsa Indonesiadidalam mewujudkan persatuan dan kesatuan
bangsa, kecuali ......
a. Patriotisme
b. Egoisme
c. Ekstrimisme
d. Sukuisme
11. Contoh prilaku toleransi terhadap
keberagaman sosial budaya adalah....
a. Menghormati dan menghargai kebudayaan
yang dilindungi pemerintah.
b. Menghormati dan menghargai kebudayaan
yang sudah dikenal suku bangsa lain.
c. Selalu memperhatikan
perkembangankebudayaan yang dimiliki oleh suku lain.
d. Menghormati dan menghargai kebudayaan
yang dimiliki suku lain.
12. Gender menunjukkan pembagian peran,
kedudukan dan tugas antara laki-laki dan perempuan berdasarkan....
a. Kekuatan fisik yang dimiliki
b. Sifat-sifat yang dimilikinya
c. Bentuk tubuh seseorang.
d. Kecakapan bekerja.
13. Manusia sebagai mahluk sosial tidak
dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, sehingga dengan keberagaman yang
ada di dalam masyarakat setiap individu dalam masyarakat akan....
a. Saling membutuhkan dan saling
melengkapi.
b. Saling membutuhkan dan saling
mengawasi.
c. Saling menegur dan saling mengawasi.
d. Tolong menolong segala bidang.
14. Timbulnya masalah sosial akibat dari faktor psikologis dapat muncul jika....
a. Toleransi tidak berkembang
b. Beban hidup yang berat
c. Pendidikan tidak di perhatikan.
d. Pengetahuan agama masih rendah.
15. Setiap daerah di Indonesia memiliki kebiasaan
dan adat-istiadat sendiri yang diaplikasikan dalam bentuk kesenian dengan
tujuan...
a. Menonjolkan kelebihan daerahnya di
banding daerah lain.
b. Untuk Mengeksistensikan diri dan
daerahnya.
c. Untuk Mengeksistensikan diri dan
Kelompoknya.
d. Menyebarluaskan nilai-nilai budaya
bangsa.
16. Bhineka Tunggal ika berisi konsep
multikulturalistik dalam kehidupan yang...
a. Terikat dalam suatu wadah
b. Terikat dalam suatu kebersamaan
c. Terikat dalam satu kesatuan.
d. Rukun damai dan sejahtera
17. Konsep hubungan sosial yang membedakan
kedudukan, fungsi dan peran antara laki-laki dan perempuan dalam masyarakat
disebut dengan...
a. Rasdiskriminasi
b. Rasialisme
c. Fanatisme
d. Gender
18. Secara harfiah gender berasal dari
bahasa Inggris yang berarti....
a. Postur tubuh
b. Jenis kelamin
c. Bentuk Tubuh
d. Bentuk Fisik
19. Gaya hidup yang cenderung meniru
budaya asing, juga memicu munculnya...
a. Kesenjangan Ekonomi
b. Masalah Sosial
c. Tawuran pelajar
d. Kerusuhan Masal
20. Secara Umum masyarakat merupakan
sekumpulan individu yang hidup bersama dalam....
a. Lingkungan pedesaan
b. Suatu tempat atau wilayah
c. Lingkungan perkotaan
d. Organisasi kemasyarakatan
21. Kesadaran bela negara hakikatnya
kesediaan berbakti pada negara dan....
a. Kesediaan berkorban membela daerahnya
b. Menghormati pahlawan bangsa
c. Kesediaan berkorban membela negara
d. Kesediaan mengusir musuh.
22. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945 menegaskan
bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam.....
a. Usaha pertahan dan keamanan negara
b. Usaha pertahan dan keamanan rakyat
c. Upaya keselamatan dan keamanan negara
d. Upaya keselamatan dan kemakmuran rakyat
23. Berdasarkan UUD 1945 pasal 30 ayat (1)
dan (2) dapat dimaknai bahwa kekuatan utama dalam sistem pertahanan adalah TNI
sedangkan sistem keamanan adalah....
a. POLRI
b. HANSIP
c. HANRA
d. LINMAS
24. Palagan Ambarawa terjadi tanggal 20
oktober 1945 – 15 Des 1945, disebabkan sekutu membantu Belanda untuk....
a. Menjajah kembali Indonesia
b. Menduduki kota-kota besar
c. Melucuti tentara Jepang.
d. Menangkap presiden dan wakil presiden.
25. Melaporkan hal-hal yang membahayakan
masyarakat kepada kepolisian setempat merupakan bentuk partisipasi masyarakat
dalam upaya pembelaan negara di bidang...
a. Ideologi
b. Politik
c. Hukum
d. Pertahanan dan keamanan.
II. ESSAY
1. Berikan contoh sikap dan prilaku yang
menunjukkan usaha membina persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah!
2. Jelaskan prinsip persatuan Indonesia
prinsip Bhineka Tunggal Ika!
3. Tunjukkan 3 (tiga dampak positif) yang di timbulkan dari keberagaman masyarakat
Indonesia!
4. Salah satu dari masalah yang timbul
dalam keberagaman masyarakat Bhineka Tunggal Ika yaitu kecemburuan sosial.
Tunjukkan contoh permasalahan tersebut!
5. Sebutkan 4 contoh penyelesaian masalah
Ekonomi dapat dilakukan dengan berbagai cara!
Demikian online classes latihan soal pat
pkn kelas 9 semester 2 smp/mts tahun 2020-2021 yang dapat kami bagikan pada
kesempatan hari ini, semoga dapat bermanfaat dan menjadi sarana belajar dalam
meraih prestasi adik-adik sekalian.
Tetap semangat belajar dan semoga sukses.
Terima kasih.
0 Response to "Latihan Soal PAT PKn Kelas 9 Semester 2 SMP/MTs Tahun 2020-2021"
Post a Comment
Berkomentarlah dengan bijak, terima kasih.