Latihan Soal PAT UKK Aswaja Ke-NU-an Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs Tahun 2020-2021
Anaksmp-mts . berjumpa kembali bersama kami, kali ini latihan soal yang akan dibagikan mata pelajaran Aswaja Ke-NU-an kelas 8 semester 2 SMP/MTs, yang mana sebentar lagi akan diadakan uji kompetensi bagi peserta didik untuk kenaikan kelas.
Latihan Soal PAT UKK Aswaja Ke-NU-an Kelas
8 Semester 2 SMP/MTs yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda beserta soal essay
yang berjumlah 5 jadi total jumlah soal PAT UKK Aswaja Ke-NU-an ini berjumlah
45 soal.
Dalam soal PAT UKK Aswaja ini kami siapkan
berdasarkan materi yang ada dalam semester 2 untuk kelas 8 sehingga sangat
cocok di gunakkan sebagai sarana referensi baik untuk siswa maupun dalam pembuatan
bagi bapak/ibu guru.
Untuk melihat Latihan Soal PAT UKK Aswaja Ke-NU-an Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs,
kami telah siapakan dibawah, silahkan :
A. Berilah tanda silang ( X ) pada
jawaban yang paling benar !
1.
Dalam bidang Fiqih, NU mengikuti paham Ahlussunnah Waljama’ah yang dipelopori
....
a.
Imam Abu Hanifah an Nu’man
b.
Imam Malik bin Anas
c.
Imam Muhammad bin Idris as Syafi’i
d.
Semua benar
2.
Dalam bidang Aqidah, NU mengikutipaham Ahlussunnah Waljama’ah yangdipelopori
oleh ....
a.
Imam Abu Hasan Al Asyh’ary danImam Al Juba’i
b.
Imam Al Juba’i dan Imam AbuMansur Al Maturidi
c.
Imam Abu Hasan Al Asyh’ary danImam Abu Mansur Al Maturidi
d.
Imam Abu Hasan Al Asyh’ary danImam Al Zabidi
3.
Tawasuth artinya ....
a.
Seimbang
b.
Selaras
c.
Toleran
d.
Tengah-tengah
4.
Prinsip tawazun diambil dari kata Al-Waznu yang berarti ....
a.
alat penimbang
b.
alat pengukur
c.
alat penyetara
d.
alat perantara
5.
Sedangkan tasamuh artinya ....
a.
Toleran
b.
Tengah-tengah
c.
Seimbang
d.
Selaras
6.
Bangkitnya para ulama pesantren dengan mendirikan organisasi NU pada thn 1926
adalah merupakan bentuk lain dari perlawanan para ulama dan umat Islam sunny
untuk menangkal pengaruh kebangkitan paham wahhaby yang terang-terangan ingin
membabat habis tradisi-tradisi peninggalan para ....
a.
Wali Songo
b.
Ulama
c.
Nabi
d.
Rasul
7.
Perang yang terjadi karena di latarbelakangi konflik antara kaum
Muslimintradisional yang gigih mempertahankanajaran Ahlussunnah waljama’ah
dariancaman dan intervensi faham baru yangdipaksakan oleh kaum
modernis,diantaranya adalah ....
a.
Perang Diponegoro
b.
Bandung Lautan Api
c.
Serangan Umum 1 Maret
d.
Perang Paderi
8.
Tawazun dapat dikelompokkan menjadi tiga aspek di bawah ini, kecuali ...
a.
Jasad
b.
Akal
c.
Ruh
d.
Wahyu
9. Seorang Khalifah yang memimpin ummat, namun
kehidupannya begitu zuhud, perilakunya tegas saat memutuskan sesuatu, tapi di
sudut lain ia menangis khawatir keputusannya keliru adalah ....
a.
Ustman bin Affan
b.
Imam Baqiy bin Mukhalid
c.
Umar bin Khatab
d.
Abu Bakar Ash Shidiq
10.
Seorang yang mengkhatamkan Al Quran setiap malam dalam tiga belas raka’at,
siangnya sholat sebanyak seratus raka’at, melanggengkan puasa dan dikenal
sebagai ahli hadits. Disisi lain beliau pernah mengikuti peperangan sebanyak 72
kali adalah ....
a.
Imam Baqiy bin Mukhalid
b.
Umar bin Khatab
c.
Ustman bin Affan
d.
Abu Bakar Ash Shidiq
11.
Contoh-contoh manusia yang tidak tawazun adalah Manusia Atheis yaitu tidak mengakui adanya ....
a.
Malaikat
b.
Rasulullah
c.
Allah
d.
Kitab
12.
Nahdlatul Ulama didirikan untuk meningkatkan mutu pribadi muslim yang mampu
menyesuaikan hidup dan kehidupannya dengan ajaran agama Islam serta
mengembangkannya, sehingga terwujudlah peranan agama Islam dan para pemeluknya
sebagai rahmat bagi ....
a.
Orang Islam
b.
Orang mukmin
c.
Seluruh Indonesia
d.
seluruh alam
13.
Ciri-ciri keagamaan NU dijabarkan dalam strategi dan wujud kegiatan-kegiatan
pokok seperti pembinaan pribadi muslim supaya mampu menyesuaikan hidup dan
kehidupannya menuju terwujudnya ....
a.
Jama’ah Wathoniyah
b.
Jama’ah Islamiyah
c.
Jama’ah Ubudiyah
d.
Jama’ah Uluhiyah
14. NU bercita-cita keagamaan yaitu Izzul Islam
wal Muslimin, maksudnya adalah ....
a.
kejayaan Islam dan kaum Mukminin
b.
kejayaan Islam dan kaum Muslimin
c.
kejayaan Islam dan kaum Muslim Indonesia
d.
kejayaan Islam dan kaum Muslim Palestina
15.
Demikian pula dalam mengisi kemerdekaan, NU dengan peran keagamaannya mampu
menggalang persaudaraan tidakhanya umat seagama, tetapi juga denganumat yang
berbeda agama dengan tetapmenganut ukhuwah ....
a.
Wathoniyah
b.
Islamiyah
c.
Insaniyah
d.
Ilahiyah
16.
Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama dan harmonis antara pemerintah,
masyarakat dan ....
a.
Lingkungan
b.
Keluarga
c.
Tetangga
d.
lembaga
17.
Cikal bakal pendidikan Nahdlatul Ulama dimulai dari berdirinya ....
a.
Nahdlatul Ummah
b.
Nahdlatul Wathan
c.
Nahdlatul Hidayah
d.
Nahdlatut Tujar
18.
Organisasi penyelenggara pendidikan yang pertama itu, lahir sebagai produk
pemikiran yang dihasilkan oleh forum diskusi yang disebut Tashwirul Afkar, yang
dipimpin oleh ....
a.
KH. Abdul Wahab Hasbullah
b.
KH. Hasyim Asy’ari
c.
KH. Maghfur Hasbullah
d.
KH. Dimyathi
19.
TK/RA dalam pengorganisasiannya dikelola oleh....
a.
PP Fatayat NU
b.
PP Muslimat NU
c.
PP IPNU-IPPNU
d.
PP ISNU
20.
NU mendirikan lembaga kemaslahatan keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) sebagai
kelanjutan dari program Muslimat NU yang lebih dulu bergerak mengurusi masalah
kependudukan pada tahun ....
a.
1995
b.
1996
c.
1997
d.
1998
21.
Di bidang pemberdayaan masyarakat,
Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi
yang sudah memiliki pengalaman dan sejarah panjang dalan memberikan pelayan
terhadap masyarakat Indonesia diantaranya ....
a.
NU ikut mengarsiteki pembangunan sumber daya manusia pada masyarakat melalui
pendidikan
b.
Mendirirkan pelayanan kesehatan
c.
Mengadakan pemberdayaan ekonomi dan keagamaan pada masyarakat tradisional atau
pedesaan
d.
Benar semua
22. Dengan konsep pemahaman Islam sebagai agama
fitrah dan rahmat bagi semesta alam tentunya tidak hanya mengurusi hubungan
masyarakat muslim (ukhwah Islamiyah) tapi juga hubungan antar manusia yang
diberi istilah ....
a.
ukhuwah bashariyah
b.
ukhuwah insaniyah
c.
ukhuwah ilahiyah
d.
ukhuwah uluhiyah
23.
NU tetaplah organisasi yang getol mempertahankan tradisi-tradisi Nusantara,
asalkan manfaatnya jelas dan bisa diselaraskan dengan ....
a.
nilai-nilai kebudayaan
b.
nilai-nilai kesukuan
c.
nilai-nilai ke-Indonesia-an
d.
nilai-nilai keislaman
24.
Sejak didirikan pada tanggal 31 Januari 1926 M/16 Rajab 1344 H, NU lebih banyak
berbaur dengan masyarakat bawah di ....
a.
Pedesaan
b.
Perkotaan
c.
Perbukitan
d.
Pegunungan
25.
Pada sejarah Nusantara masa lalu, tahlilan berasal dari upacara pribadatan
(selamatan) yang dilakukan nenek moyang bangsa Indonesia yang mayoritas dari
mereka adalah penganut agama ....
a.
Hindu
b.
Budha
c.
Konghucu
d.
a dan b benar
26.
Pertunjukkan yang menjadi salah satu media seni yang digunakan oleh Wali Songo
saat menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa adalah ....
a.
Ketoprak
c.
Reog
b.
Ludruk
d.
Wayang
27. Menjelang proklamasi kemerdekaan, kyai NU
yang keterlibatannya besar dalam Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)
adalah ....
a.
KH Cholid Ridwan
b.
KH Abdul Wahid Hasyim
c.
KH Zaenul Arifin
d.
KH Wahab Hasbullah
28.
Karena besarnya pengaruh kyai pada peristiwa heroic 10 Nopember, kemudian bila
tanggal 22 Oktober diperingati Hari Santri Nasional dan 10 November sebagai
Hari Pahlawan Nasional, maka sesungguhnya didalam Hari Pahlawan Nasional itu
tertanam ....
a.
Hari Kiai Nasional
b.
Hari Buruh Nasional
c.
Hari Pergerakan Nasional
d.
Hari NU Nasional
29.
Heroisme perlawanan menghadapi NICA dan Sekutu hingga dikenang dengan Hari
Pahlawan Nasional 10 November menjadi bukti sejarah bahwa menghadapi Indonesia
tidak bisa semata-mata dengan kekuatan fisik karena bisa dikalahkan dengan
kekuatan ....
a.
Do’a
b.
Ilmu Ghaib dan kebatinan
c.
Nasionalisme dan dinamisme
d.
Nasionalisme dan kultural
30. Salah satu Jendral yang tewas dan membuat
Sekutu malu sebagai kekuatan militer pemenang Perang Dunia II saat itu adalah
....
a.
Van de Bosh
b.
Thomas Raffles
c.
Aubertin W.S Mallaby
d.
Van de Vanteer
31.
Menurut PBNU Rekonsiliasi nasional jika dilaksanakan harus ditujukan untuk
merajut kembali ukhuwah ....
a.
Bashariyah
b.
Islamiyah
c.
Ilahiyah
d.
Wathaniyah
32.
Tua, muda, remaja, laki-laki, perempuan, santri, guru, pegawai, pedagang,
petani, buruh, kaya, miskin serta tentara dan kiai menyatu tanpa membedakan
ras, suku dan agama dalam satu barisan menghadapi manuver dari ....
a.
Belanda
c.
Jepang
b.
Portugis
d.
Inggris
33. Program utama Lesbumi adalah ....
a.
melakukan dokumentasi terhadap kesenian masyarakat
b.
melakukan dokumentasi terhadap kesenangan masyarakat
c.
melakukan dokumentasi terhadap kepribadian masyarakat
d.
melakukan dokumentasi terhadap keinginan masyarakat
34.
Islam tidak mengambil paham atheisme dan tidak pula paham poletheisme,
melainkan paham monotheisme, yaitu ....
a.
Ajaran yang memercayai adanya banyak Tuhan
b.
Ajaran yang memercayai adanya satu Tuhan
c.
Ajaran yang memercayai adanya beberapa Tuhan
d. Ajaran
yang tidak memercayai adanya banyak Tuhan
35.
Saluran-saluran Islamisasi ke Indonesiamelalui ....
a.
perdagangan
b.
perkawinan
c.
tasawuf
d.
semua benar
36.
Nahdlatul Ulama sangat erat kaitannya dengan ajaran ....
a.
Animisme
b.
Dinamisme
c.
Walisongo
d.
Syech Siti Jenar
37.
Menjaga keseimbangan antara aspekrohani dan jasmani dengan mengembangkan
tasawwuf `amali, majelis-majelis dzikirdan sholawat merupakan sarana taqarrub
ilallah, artinya ....
a.
Menjauhi diri dari Allah
b.
Mendekatkan diri kepada Allah
c.
Meyakini Allah
d.
Mengimani Allah
38.
NU berpendapat tidak menganggap siapapun setelah Nabi Muhammad saw sebagai
pribadi yang ma’shum , artinya ....
a.
terhindar dari kesalahan dan dosa
b.
tidak punya kesalahan dan dosa
c.
terjaga dari kesalahan dan dosa
d.
selamat dari kesalahan dan dosa
39.
. Bung Karno berkata, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa
para ....
a.
Pendiri
b.
Pahlawan
c.
Pemuka Masyarakat
d.
Pejabat
40.
Nilai ajaran dan tata kehidupan yang diajarkan NU, misalnya menjunjung tinggi
sikap rendah hati atau disebut ....
a.
tawadu’
b.
tawarru’
c.
takhassus
d.
taqarrub
B. Isilah titik-titik di bawah ini
dengan jawaban yang benar !
1.
“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat
Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram”, adalah
terjemahan dari Al qur’an Surat ... dan ayat ....
2.
Sebutkan dan jelaskan ajaran pokok Ahlussunnah wal jamaah !
3.
Mengapa NU tetap getol memperahankan tradisi meski kelompok lain
menuduhnyasebagai bid’ah?
4.
Jelaskan isi dari Resolusi Jihad 22 Oktober !
5.
Sebutkan 5 contoh budaya yang ditolerir dan diterima Nahdlatul Ulama!
Untuk download klik disini
Demikian yang dapat kami bagikan pada
kesempatan hari ini tentang Latihan Soal PAT UKK Aswaja Ke-NU-an Kelas 8
Semester 2 SMP/MTs, semoga dapat bermanfaat bagi semua.
Salam pintar.
Terima kasih.
0 Response to "Latihan Soal PAT UKK Aswaja Ke-NU-an Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs Tahun 2020-2021"
Post a Comment
Berkomentarlah dengan bijak, terima kasih.