Latihan Soal PAT UKK Aswaja Ke-NU-an Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs Tahun 2020-2021

Anaksmp-mts . berjumpa kembali bersama kami, kali ini latihan soal yang akan dibagikan mata pelajaran Aswaja Ke-NU-an kelas 8 semester 2 SMP/MTs, yang mana sebentar lagi akan diadakan uji kompetensi bagi peserta didik untuk kenaikan kelas.

Latihan Soal PAT UKK Aswaja Ke-NU-an Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs

Latihan Soal PAT UKK Aswaja Ke-NU-an Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda beserta soal essay yang berjumlah 5 jadi total jumlah soal PAT UKK Aswaja Ke-NU-an ini berjumlah 45 soal.

Dalam soal PAT UKK Aswaja ini kami siapkan berdasarkan materi yang ada dalam semester 2 untuk kelas 8 sehingga sangat cocok di gunakkan sebagai sarana referensi baik untuk siswa maupun dalam pembuatan bagi bapak/ibu guru.

Untuk melihat Latihan Soal PAT UKK Aswaja Ke-NU-an Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs, kami telah siapakan dibawah, silahkan :

A. Berilah tanda silang ( X ) pada jawaban yang paling benar !

1. Dalam bidang Fiqih, NU mengikuti paham Ahlussunnah Waljama’ah yang dipelopori ....

a. Imam Abu Hanifah an Nu’man

b. Imam Malik bin Anas

c. Imam Muhammad bin Idris as Syafi’i

d. Semua benar

 

2. Dalam bidang Aqidah, NU mengikutipaham Ahlussunnah Waljama’ah yangdipelopori oleh ....

a. Imam Abu Hasan Al Asyh’ary danImam Al Juba’i

b. Imam Al Juba’i dan Imam AbuMansur Al Maturidi

c. Imam Abu Hasan Al Asyh’ary danImam Abu Mansur Al Maturidi

d. Imam Abu Hasan Al Asyh’ary danImam Al Zabidi

 

3. Tawasuth artinya ....

a. Seimbang

b. Selaras

c. Toleran

d. Tengah-tengah

 

4. Prinsip tawazun diambil dari kata Al-Waznu yang berarti ....

a. alat penimbang

b. alat pengukur

c. alat penyetara

d. alat perantara

 

5. Sedangkan tasamuh artinya ....

a. Toleran

b. Tengah-tengah

c. Seimbang

d. Selaras

 

6. Bangkitnya para ulama pesantren dengan mendirikan organisasi NU pada thn 1926 adalah merupakan bentuk lain dari perlawanan para ulama dan umat Islam sunny untuk menangkal pengaruh kebangkitan paham wahhaby yang terang-terangan ingin membabat habis tradisi-tradisi peninggalan para ....

a. Wali Songo

b. Ulama

c. Nabi

d. Rasul

 

7. Perang yang terjadi karena di latarbelakangi konflik antara kaum Muslimintradisional yang gigih mempertahankanajaran Ahlussunnah waljama’ah dariancaman dan intervensi faham baru yangdipaksakan oleh kaum modernis,diantaranya adalah ....

a. Perang Diponegoro

b. Bandung Lautan Api

c. Serangan Umum 1 Maret

d. Perang Paderi

 

8. Tawazun dapat dikelompokkan menjadi tiga aspek di bawah ini, kecuali ...

a. Jasad

b. Akal

c. Ruh

d. Wahyu

 

9.  Seorang Khalifah yang memimpin ummat, namun kehidupannya begitu zuhud, perilakunya tegas saat memutuskan sesuatu, tapi di sudut lain ia menangis khawatir keputusannya keliru adalah ....

a. Ustman bin Affan

b. Imam Baqiy bin Mukhalid

c. Umar bin Khatab

d. Abu Bakar Ash Shidiq

 

10. Seorang yang mengkhatamkan Al Quran setiap malam dalam tiga belas raka’at, siangnya sholat sebanyak seratus raka’at, melanggengkan puasa dan dikenal sebagai ahli hadits. Disisi lain beliau pernah mengikuti peperangan sebanyak 72 kali adalah ....

a. Imam Baqiy bin Mukhalid

b. Umar bin Khatab

c. Ustman bin Affan

d. Abu Bakar Ash Shidiq

 

11. Contoh-contoh manusia yang tidak tawazun adalah Manusia  Atheis yaitu tidak mengakui adanya ....

a. Malaikat

b. Rasulullah

c. Allah

d. Kitab

 

12. Nahdlatul Ulama didirikan untuk meningkatkan mutu pribadi muslim yang mampu menyesuaikan hidup dan kehidupannya dengan ajaran agama Islam serta mengembangkannya, sehingga terwujudlah peranan agama Islam dan para pemeluknya sebagai rahmat bagi ....

a. Orang Islam

b. Orang mukmin

c. Seluruh Indonesia

d. seluruh alam

 

13. Ciri-ciri keagamaan NU dijabarkan dalam strategi dan wujud kegiatan-kegiatan pokok seperti pembinaan pribadi muslim supaya mampu menyesuaikan hidup dan kehidupannya menuju terwujudnya ....

a. Jama’ah Wathoniyah

b. Jama’ah Islamiyah

c. Jama’ah Ubudiyah

d. Jama’ah Uluhiyah

 

14.  NU bercita-cita keagamaan yaitu Izzul Islam wal Muslimin, maksudnya adalah ....

a. kejayaan Islam dan kaum Mukminin

b. kejayaan Islam dan kaum Muslimin

c. kejayaan Islam dan kaum Muslim Indonesia

d. kejayaan Islam dan kaum Muslim Palestina

 

15. Demikian pula dalam mengisi kemerdekaan, NU dengan peran keagamaannya mampu menggalang persaudaraan tidakhanya umat seagama, tetapi juga denganumat yang berbeda agama dengan tetapmenganut ukhuwah ....

a. Wathoniyah

b. Islamiyah

c. Insaniyah

d. Ilahiyah

 

16. Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama dan harmonis antara pemerintah, masyarakat dan ....

a. Lingkungan

b. Keluarga

c. Tetangga

d. lembaga

 

17. Cikal bakal pendidikan Nahdlatul Ulama dimulai dari berdirinya ....

a. Nahdlatul Ummah

b. Nahdlatul Wathan

c. Nahdlatul Hidayah

d. Nahdlatut Tujar

 

18. Organisasi penyelenggara pendidikan yang pertama itu, lahir sebagai produk pemikiran yang dihasilkan oleh forum diskusi yang disebut Tashwirul Afkar, yang dipimpin oleh ....

a. KH. Abdul Wahab Hasbullah

b. KH. Hasyim Asy’ari

c. KH. Maghfur Hasbullah

d. KH. Dimyathi

 

19. TK/RA dalam pengorganisasiannya dikelola oleh....

a. PP Fatayat NU

b. PP Muslimat NU

c. PP IPNU-IPPNU

d. PP ISNU

 

20. NU mendirikan lembaga kemaslahatan keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) sebagai kelanjutan dari program Muslimat NU yang lebih dulu bergerak mengurusi masalah kependudukan pada tahun ....

a. 1995

b. 1996

c. 1997

d. 1998

 

21. Di bidang  pemberdayaan masyarakat, Nahdlatul Ulama (NU)  adalah organisasi yang sudah memiliki pengalaman dan sejarah panjang dalan memberikan pelayan terhadap masyarakat Indonesia diantaranya ....  

a. NU ikut mengarsiteki pembangunan sumber daya manusia pada masyarakat melalui pendidikan

b. Mendirirkan pelayanan kesehatan

c. Mengadakan pemberdayaan ekonomi dan keagamaan pada masyarakat tradisional atau pedesaan

d. Benar semua

 

22.  Dengan konsep pemahaman Islam sebagai agama fitrah dan rahmat bagi semesta alam tentunya tidak hanya mengurusi hubungan masyarakat muslim (ukhwah Islamiyah) tapi juga hubungan antar manusia yang diberi istilah ....

a. ukhuwah bashariyah

b. ukhuwah insaniyah

c. ukhuwah ilahiyah

d. ukhuwah uluhiyah

 

23. NU tetaplah organisasi yang getol mempertahankan tradisi-tradisi Nusantara, asalkan manfaatnya jelas dan bisa diselaraskan dengan ....

a. nilai-nilai kebudayaan

b. nilai-nilai kesukuan

c. nilai-nilai ke-Indonesia-an

d. nilai-nilai keislaman

 

24. Sejak didirikan pada tanggal 31 Januari 1926 M/16 Rajab 1344 H, NU lebih banyak berbaur dengan masyarakat bawah di ....

a. Pedesaan

b. Perkotaan

c. Perbukitan

d. Pegunungan

 

25. Pada sejarah Nusantara masa lalu, tahlilan berasal dari upacara pribadatan (selamatan) yang dilakukan nenek moyang bangsa Indonesia yang mayoritas dari mereka adalah penganut agama ....

a. Hindu

b. Budha

c. Konghucu

d. a dan b benar

 

26. Pertunjukkan yang menjadi salah satu media seni yang digunakan oleh Wali Songo saat menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa adalah ....

a. Ketoprak

c. Reog

b. Ludruk

d. Wayang

 

27.  Menjelang proklamasi kemerdekaan, kyai NU yang keterlibatannya besar dalam Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) adalah ....

a. KH Cholid Ridwan

b. KH Abdul Wahid Hasyim

c. KH Zaenul Arifin

d. KH Wahab Hasbullah

 

28. Karena besarnya pengaruh kyai pada peristiwa heroic 10 Nopember, kemudian bila tanggal 22 Oktober diperingati Hari Santri Nasional dan 10 November sebagai Hari Pahlawan Nasional, maka sesungguhnya didalam Hari Pahlawan Nasional itu tertanam ....

a. Hari Kiai Nasional

b. Hari Buruh Nasional

c. Hari Pergerakan Nasional

d. Hari NU Nasional

 

29. Heroisme perlawanan menghadapi NICA dan Sekutu hingga dikenang dengan Hari Pahlawan Nasional 10 November menjadi bukti sejarah bahwa menghadapi Indonesia tidak bisa semata-mata dengan kekuatan fisik karena bisa dikalahkan dengan kekuatan ....

a. Do’a

b. Ilmu Ghaib dan kebatinan

c. Nasionalisme dan dinamisme

d. Nasionalisme dan kultural

 

30.  Salah satu Jendral yang tewas dan membuat Sekutu malu sebagai kekuatan militer pemenang Perang Dunia II saat itu adalah ....

a. Van de Bosh

b. Thomas Raffles

c. Aubertin W.S Mallaby

d. Van de Vanteer

 

31. Menurut PBNU Rekonsiliasi nasional jika dilaksanakan harus ditujukan untuk merajut kembali ukhuwah ....

a. Bashariyah

b. Islamiyah

c. Ilahiyah

d. Wathaniyah

 

32. Tua, muda, remaja, laki-laki, perempuan, santri, guru, pegawai, pedagang, petani, buruh, kaya, miskin serta tentara dan kiai menyatu tanpa membedakan ras, suku dan agama dalam satu barisan menghadapi manuver dari ....

a. Belanda

c. Jepang

b. Portugis

d. Inggris

 

33.  Program utama Lesbumi adalah ....

a. melakukan dokumentasi terhadap kesenian masyarakat

b. melakukan dokumentasi terhadap kesenangan masyarakat

c. melakukan dokumentasi terhadap kepribadian masyarakat

d. melakukan dokumentasi terhadap keinginan masyarakat

 

34. Islam tidak mengambil paham atheisme dan tidak pula paham poletheisme, melainkan paham monotheisme, yaitu ....

a. Ajaran yang memercayai adanya banyak Tuhan

b. Ajaran yang memercayai adanya satu Tuhan

c. Ajaran yang memercayai adanya beberapa Tuhan

d. Ajaran yang tidak memercayai adanya banyak Tuhan

 

35. Saluran-saluran Islamisasi ke Indonesiamelalui ....

a. perdagangan

b. perkawinan

c. tasawuf

d. semua benar

 

36. Nahdlatul Ulama sangat erat kaitannya dengan ajaran ....

a. Animisme

b. Dinamisme

c. Walisongo

d. Syech Siti Jenar

 

37. Menjaga keseimbangan antara aspekrohani dan jasmani dengan mengembangkan tasawwuf `amali, majelis-majelis dzikirdan sholawat merupakan sarana taqarrub ilallah, artinya ....

a. Menjauhi diri dari Allah

b. Mendekatkan diri kepada Allah

c. Meyakini Allah

d. Mengimani Allah

 

38. NU berpendapat tidak menganggap siapapun setelah Nabi Muhammad saw sebagai pribadi yang ma’shum , artinya ....

a. terhindar dari kesalahan dan dosa

b. tidak punya kesalahan dan dosa

c. terjaga dari kesalahan dan dosa

d. selamat dari kesalahan dan dosa

 

39. . Bung Karno berkata, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para ....

a. Pendiri

b. Pahlawan

c. Pemuka Masyarakat

d. Pejabat

 

40. Nilai ajaran dan tata kehidupan yang diajarkan NU, misalnya menjunjung tinggi sikap rendah hati atau disebut ....

a. tawadu’

b. tawarru’

c. takhassus

d. taqarrub

 

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !

1. “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram”, adalah terjemahan dari Al qur’an Surat ... dan ayat ....

2. Sebutkan dan jelaskan ajaran pokok Ahlussunnah wal jamaah !

3. Mengapa NU tetap getol memperahankan tradisi meski kelompok lain menuduhnyasebagai bid’ah?

4. Jelaskan isi dari Resolusi Jihad 22 Oktober !

5. Sebutkan 5 contoh budaya yang ditolerir dan diterima Nahdlatul Ulama!

Download

Untuk download klik disini

Demikian yang dapat kami bagikan pada kesempatan hari ini tentang Latihan Soal PAT UKK Aswaja Ke-NU-an Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs, semoga dapat bermanfaat bagi semua.

Salam pintar.

Terima kasih.

0 Response to "Latihan Soal PAT UKK Aswaja Ke-NU-an Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs Tahun 2020-2021"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel