Latihan Soal Ke-NU-an Materi Pondok Pesantren Kelas 7 Semester 1 SMP / MTs

 

Latihan Soal Ke-NU-an Materi Pondok Pesantren Kelas 7 Semester 1 SMP / MTs

anaksmp-mts . pada kesempatan ini kami akan membagikan latihan soal Ke-NU-an materi Pondok Pesantren kelas 7 semester 1.

Latihan soal ini merupakan kelanjutan dari update latihan soal dari sebelumnya dan ini merupakan pondok pesentren.

Dan berikut adalah latihan soal yang telah kami siapkan :

1. Raden rahmat ( yang dikenal sebagai sunan ampel ) mendirikan pesantrennya di daera …

a. Kembang kunin, Surabaya

b. Kemban setaman, semarang

c. Kembang bakung, jepara

d. Kembang mawar, banten

Jawaban : a

2. Menurut wajoetomo, pesantren yang berdiri di tana air, khususnya di jawa di mulai dan di bawa oleh …

a. Raden patah

b. Walisongo

c. Sultan agung

d. Adipati unus

Jawaban : b

3. Pondok pesantren yang pertama didirikan oleh …

a. Syechh maulana malik Ibrahim

b. Syechh waliyullah

c. Syechh siti jenar

d. Syech maulana ishak

Jawaban : a

4. Surau adalah sebutan untuk masjid yang berada di daerah ….

a. Palembang

b. Minangkabau

c. Padang

d. Aceh

Jawaban : b

5. Yang merupakan cikal bakal dan unsur paling pokok dari sebuah pondok pesantren adalah …

a. Pondok

b. Wali santri

c. Santri

d. Kyai

Jawaban : d

6. Sebutan masjid di kota aceh, dikenal dengan ….

a. Langgar

b. Surau

c. Rangkang

d. Mushola

Jawaban : a

7. Kata ‘’pondok’’ berasal dari bahasa arab ‘’funduk’’ yang berarti …

a. Rumah

b. Penginapan

c. Asrama

d. Mushola

Jawaban : c

8. Sedangkan kata ‘’pesantren’’ berasal dari kata dasar ‘’santri’’ yang menjadi ‘’pesantren’’, namun orang jawa mengucapkannya ‘’pesantren’’ yang berarti ….

a. Rumah sendiri

b. Penginapan santri

c. Penitipan santri

d. Tempat tinggal santri

Jawaban : d

9. Santri yang berasal dari daerah jauh dan menetap di dalam pondok pesantren dinamakan dengan ….

a. Santri jauh

b. Santri dekat

c. Santri mukim

d. Santri kalong

Jawaban : c

10. Kitab yang merupakan unsur pokok dan menjadi cirri khas pondok pesantren adalah ….

a. Kitab salaf

b. Kitab hadist

c. Kitab faraid

d. Kitab munakahat

Jawaban : a

11. Seorang bisa disebut kyai, disamping pengetahuan agamannya yang mendalam, sang kyai ketika mengajar santrinya harus mempunyai sifat ….

a. Thama’

b. Tawadlu’

c. Ikhlas

d. takabur

Jawaban : b

12. Sebutan bagi para pelajar yang menimba ilmu pengetahuan di pondok pesantren adalah ….

a. Siswa

b. Remaja

c. Santri

d. Anak

Jawaban : c

13. Sifat yang tidak boleh dimiliki oleh santri dalam menimba ilmu pengetahuan dipondok pesantren adalah ….

a. Taat

b. Tawadhu’

c. Tekun

d. Takabbur

Jawaban : d

14. Santri yang berasal dari sekitar wilayah pondok pesantren dan tidak menetap disebut …

a. Santri jauh

b. Santri dekat

c. Santri mukim

d. Santri kalong

Jawaban : d

15. Selain lima elemen dasar pondok pesantren ada tata nilai yang dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari yang dikenal dengan nama ….

a. Panca sila

b. Panca dharma

c. Panca jiwa

d. Panca tata

Jawaban : c

16. Yang berpendapat bahwa kyai dapat dikelompokkan menjadi lima tipologi adalah ….

a. Ibnu mas’ud

b. Abdurahman mas’ud

c. Masdar mas’ud

d. Ibnu mas’ud

Jawaban : b

17. Untuk bisa memimpin pesantren dengan baik, menurut Km. Ismai’il Ghofir diperlukan empat syarat diantaranya memiliki akidah yang benar yaitu …..

a. Aqidatul awam

b. Aqidatul salimah

c. Aqidatul akhlak

d. Aqidatul karimah

Jawaban : b

18. Kyai (ulama) yang terkenal karena mengonsentrasikan diri dalam duni ilmu, belajar mengajar, menulis dan menghasilkan banyak kitab, adalah ….

a. Kh. Zainal Mustafa

b. Kh. Wahab hasbullah

c. Kh. Syaifudin zuhri

d. Kh. Ahmad dahlan

Jawaban : d

19. Sedangkan kyai karismatik yang memperoleh karismanya dari ilmu pengetahuan keagamaan , khusunya dari sufismenya adalah …

a. Kh. Kholil bangkalan

b. Kh. Bangkuning

c. Kyai Wahhab tambak beras

d. Kyai As’ad asembagus

Jawaban : a

20. Dikaitkan dengan realitas kepemimpinan pesantren, secara umum terdapat tiga macam kepemimpina, kecuali ….

a. Kepemimpinan individual

b. Kepemimpinan kolektif

c. Kepemimpinan demokratis

d. Kepemimpinan otoriter

Jawaban : d

21. faham keagamaan yag dikembangkan oleh penganut islam tradisional bersifat ….

a. Cooperative

b. Substantive

c. Effective

d. Creative

Jawaban : b

22. Kelompok islam tradisional yang mengutamakan prinsip tawazun dan tasamuh dalam menanggulangi problema keagamaan ini dikategorikan sebagai kelompok ….

a. Moderat

b. Radikalis

c. Otoriter

d. Konservatif

Jawaban : a

23. Nahdlatul Ulama adalah organisasi yang sejak berdirinya telah menegaskan sebagai faham ….

a. Ahlul baiti wa jannati

b. Ahlul hasanah

c. Ahlu sunnah wal jama’ah

d. Ahlu sunnah

Jawaban : c

24. Munculnya banyak aliran-aliran dalammislam terjadi karena perselisihan politik yang terjadi pada akhir pemerintahan khalifah ….

a. Abu bakar asy shidiq

b. Umar bin khatab

c. Usman bin affan

d. Ali bin abi thalib

Jawaban : d

25. Pada akhir pemerintahan khalifah Ali bin abi thalib, muncul dua aliran (golongan) yang saling berlawanan, yaitu ….

a. Syi’ah dan khawarij

b. Syi’ah dan mu’tazilah

c. Syi’ah dan murji’ah

d. Syi’ah dan maturidiyah

Jawaban : a

26. Yang mengambil jalan tengah dan tidak melibatkan diri dalam pertentangan diri dalam pertentangan politik adalah ….

a. Mu’tazilah

b. Murji’ah

c. Syi’ah

d. Jabariyah

Jawaban : b

27. Salah satu buku karya Imam abu hasan al-asy’ari adalah Al-ibanah ‘an ushul l diniyah yang berarti iraian tentang ….

a. Prinsip-prinsip ibadah

b. Prinsip-prinsip syari’ah

c. Prinsip-prinsip agama

d. Prinsip-prinsip mu’amalah

Jawaban : c

28. NU dan pesantren memiliki hubungan yang tidak bisa dipisahkan karena Jamiyyah NU merupakan organisasi yang didirikan oleh …

a. Pendiri pondok pesantren

b. Ulama pondok pesantren

c. Komunitas pondok pesantren

d. Tokoh pondok pesantren

Jawaban : b

29. Memisahkan peran para kyai dan santri dari tubuh NU sama dengan membunuh NU karena ….

a. Mencabut roh dari tubuhnya

b. Mencabut akar dari pohonnya

c. Mencabut rumput diantara pepadian

d. Mencabut jarum dipasir

Jawaban : a

30. Nasihat dari ibnu athaillah, pada hakikatnya berorganisasi dilingkungan NU hanya bermanfaat jika mapu menciptakan suasana bathin dan perkataan yang membangkitkan semangat untuk meraih cita-cita tertinggi, yaitu ….

a. Selalu dekat dengan Allah Swt

b. Selalu berzikir kepada Allah Swt

c. Selalu ibadah kepada Allah Swt

d. Selalu khusnudzon kepada Allah Swt

Jawaban : c

Demikian latihan soal yang dapat kami sajikan pada kesempatan hari ini, semoga dapat membantu dalam proses belajar siswa-siswi kelas 7 mata pelajaran K-NU-an pada materi Pondok Pesantren, tetap semangat belajar.

Terima kasih.

 

0 Response to "Latihan Soal Ke-NU-an Materi Pondok Pesantren Kelas 7 Semester 1 SMP / MTs"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel