Latihan Soal Bahasa Indonesia Ujian Sekolah Madrasah ( US/UM ) Kelas 9 SMP/MTs Tahun 2021

Anaksmp-mts . pada kesempatan ini kami akan kembali membahas latiahan soal Ujian Madrasah / Sekolah kelas 9 tahun pelajaran 2020-2021, dan mata pelajaran yang akan kita bahas adalah pelajaran Bahasa Indonesia.

Latihan online schools soal ini berjumlah 50 soal yang semua berjenis soal pilihan ganda, sehingga sangat cocok untuk dipergunakkan sebagai media atau sarana belajar adik-adik sekalian yang memang ingin mempersiapkan diri dalam ujian sekolah / ujian madrasah kelas 9 pada tahun ini.

Latihan Soal Bahasa Indonesia Ujian Sekolah Madrasah ( US/UM ) Kelas 9 SMP/MTs Tahun 2021

Baiklah, berikut adalah online schools latihan soal ujian sekolah / ujian madrasah mata pelajaran bahasa Indonesia yang sudah kami siapkan dibawah, silahkan :

I. Pilihlah jawaban yang paling tepat di antara A, B, C, dan D yang sesuai dengan pertanyaan dengan cara memberi tandn silang () pada lembar jawab yang tersedia ! 

1. Bacalah teks berikut untuk mcnjawab soal nomor l 

Minuman adalah cairan yang dapat dikonsumsi dan dapat menghilangkan rasa haus. Cairan berupa air putil diperlukan untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Selain air putih, ada minuman lain yang memberi khasiat tambahan bagi kesehatan tubuh, yaitu susu dan jamu. Susu berasal dari hewan, seperti susu sapi, mengandung kalsium dan protein untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jamu berasal dari rempah­rempah yang dicampur sesuai manfaat yang diharapkan, seperti jamu kunyit asam untuk menjaga berat badan.

Makna kata "khasiat" pada teks tersebut adalah....

a. Manfaat

b. Keuntungan

c. Kelebihan

d. Keunggulan

 

2. Bacalah teks berikut!

 

Agus Salim lahir di Minangkabau, Sumatera Barat, tahun 1884. Beliau bersekolah di HBS Jakarta dan menamatkan pendidikannya tahun 1903. Beliau tidak meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, hanya belajar secara autodidak. Agus Salim dikaruniai otak yang cerdas. Berkat ketekunan dan kepandaiannya, beliau dapat menguasai sembilan bahasa asing. Karena kemampuannya itu, beliau menhih profesi sebagai penerjemah bahasa.

Keistimewaan tokoh terscbut adalah ...

a. Bersekolah di HBS Jakarta

b. Menguasai sembilan bahasa asing.

c. Berdisiplin tinggi dan rajin bekerja

d. Memilih sebagai penerjemah bahasa

 

3. Bacalah kutipan biografi berikut!

 

Bung Hatta sangat aktif melaksanakan tugasnya sebagai bendahara di suatu perkumpulan pemuda Sumatera di Padang. Yang bernama, Jong Sumatranen Bond. Akan tetapi, selain aktif dalam pergerakan daerah, ia juga memikirkan penderitaan rakyat akibat penjajahan. Hal yang dapat diteladani dani kutipan biografi Bung Hatta adalah ...

a. Akif di organisasi daerah dan melaksanakan tugas negara dengan baik.

b. Organisasi yang diikuti adalah Jong Sumatranen Bond.

c. Selalu memikirkan penderitaan rakyat.

d. Aktif berorganisasi dan memikirkan rakyatnya yang menderita.

 

4. Bacalah paragraph berikut!

 

Permainan tradisional kini semakin sulit ditemukan. Keberadaannya telah digeser olch permainan digital yang lebih menank. Banyak orang tua saat ini lebih mendukung anak-anaknya bermain PC tablet atau telepon genggam dengan alasan agar lebih mudah pengawasannya. Kecanggihan teknologi mengalahkan selera anak-anak terhadap permainan tradisional. Padahal, pernainan tradisional dapat menolong kreativitas dan aktivitas anak.

Gagasan pokok paragraph tersebut adalah...

a. Perainan digital lebih menarik

b. Permainan tradisional sulit ditemukan

c. Bernain PC tablet dan telpon genggam lebih terdukung

d. Permainan tradisional dapat mendorong kreativitas dan aktivitas anak.

 

5. Bacalah kutipan teks berikut!

 

Dampak negatif pemanasan global terus diserukan. Seruan ini disampaikan setelah WHO (Badan Kesehatan Dunia) menyatakan makin hangatnya temperatur udara. Hal ini dapat memicu timbulnya penyakit, scperti demam berdarah dengue dan malaria Lebih lanjut WHO melaporkan perubahan iklim mcnyebabkan lebih dari 150 000 penyakit dan limna juta orang terserang penyakit setiap tahunnya. Jumlah ini dapat berlipat ganda pada tahun 2030

Gagasan utama paragraf tersebut adalah....

a. Seruan dampak negatif pemanasan global.

c. Peringatan WHO tentang pemanasan global.

d. Tahun 2030 orang akan mati karcna pemanasan global.

b. Laporan WHO tentang perbahan iklim

 

 

6. Bacalah teks eksposisi berikut!

 

Jus alpukat sangat bagus untuk dikonsumsi setiap hari. Terlebih bagi Anda yang bergolong darah A, zat kandungannya dapat mendorong suasana basa di dalam tubuh. Jus ini mengandung lemak takjenuh yang mudah dicerna oleh tubuh. Ada damnpak positif lemak alpukat bagi tubuh, Pertama, dapat menurunkan kadar kolesterol darah (LDL). Kedua, mencegah terjadinya penyakit jantung, kanker, stroke, dan darah tinggi

Simpulan isi bacaan tersebut yang tepat adalah....

a. Jus mengandung lemak tak jenuh dan mudah diserap tubuh.

b. Dampak positifjus dapat menurunkan LDL, stroke, dan darah tinggi.

c. Jus alpukat sangat bagus dikonsumsi karena berdampak positif bagi tubuh.

d. Jus alpukat mengandung vitamin dan mudah diserap tubuh.

 

Bacalah penggalan teks berikut untuk menjawab soal no 7-9!

 

......Lampung memiliki berbagai jenis pantai, mulai dari yang dirancang hanya untuk liburan santai bersama keluaga Anda, hingga pantai di mana ada ombak besar untuk olahraga ekstrem seperti selancar, menyelam, dan snorkeling untuk melihat keindahan dunia bawah laut......

 

7. Informasi yang disampaikan dalam kutipan teks deskripsi tersebut adalah....

a. Pantai.

b. Wisata Lampung.

d. Wisata Indonesia

c. Pantai di Lampung.

 

8. Objek yang digambarkan dalam teks deskripsi di atas adalah....

a. Danau

b. Samudra

c. Pantai

d. Alam Indonesia

 

9. Tujuan dari teks deskripsi di atas adalah....

a. Menggambarkan keindahan alam pantai

b. Menginforasikan mengenai pantai Lampung

c. Menjelaskan tentang cara berselancar

d. Mengajak pembaca untuk mengunjungi Lampung

 

Bacalah teks cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 10-13!

 

Jam istirahat...

"Sausan, ayo ke kantin!" seruku.

"Terima kasih, aku tidak lapar.." katanya. Aku menghampirinya.

"Sausan, ada apa?" tanyaku. Kupegang tangannya ia begitu dingin, tak scperti biasanya.. Wajahnya begitu pucat

"Sausan?" tanyaku lagi.

la berhenti bemafas, aku kaget.

"Sausan!!, tolong! teman-teman! bantu Sausan!!" aku berteriak kencang. Sausan pun pingsan. Kami membawanya ke klinik sekolah.

 

10. Watak teman sausan dari kutipan cerpen di atas adalah...

a. Acuh

b. Antagonis

c. Semena-mena

d. protagonis

 

11. Latar waktu pada kutipan cerpen di atas adalah....

a. Sore hari

b. Siang hari

c. Malan hari

d. Pagi hari

 

12. Latar suasana pada kutipan teks di atas adalah...

a Senang

b. Menegangkan

c. Sedih

d. panas

 

 

I3. Latar tempat pada kutipan teks di atas adalah...

a. Kantin

b. Ruang kelas

c. Jalan raya

d. lapangan

 

14. Berikut ini merupakan kalimat perintah, kecuali...

a. "Reno.. tolong belikan ibu minyak goreng!"

b. "tolong matikan kipas angin itu, saya sangan kedinginan!"

c "Devi,, angkat kursimu kelasnya mau dibersihkan!"

d. Arif disuruh gurunya untuk menghapus papan tulis.

 

15. Bagian tujuan pada teks prosedur membahas mengenai.

a. Alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat teks prosedur.

b. Menyebutkan apa yang akan dibuat atau dilakukan.

c. Berisi cara-cara pembuatan.

d. Berisi hasil yang akan diperoleh

 

I6 Dalam menulis berita dapat menggunakan struktur...

a. SW-IH

b. Piramida tegak

c. Berita featur

d. Berita ekonomi

 

Bacalah teks berita di bawah ini untuk menjnwab soal no. 17- 19!

 

Berbagai macam agenda disiapkan oleh karang taruna desa Purworejo untuk peringatan acara kemerdekaan Indonesia yang ke 74 (I/8). Karang taruna menyusun berbagai macam acara menarik untuk masyarakat Desa Punworejo Acar-acara tersebut diantaranya lomba sepak bola, panjat pinang, serta senam massal. Acara ini nantnya digelar di Lapangan Desa untuk memudahkan mobilisasi masyarakat yang antusias mengikuti.

 

 

I7. Teks di atas merupakan berita bagan..

a. kepala berita

b. Tubuh berita

c. Ekor berita

d. Perencanaan

 

18. Stuktu beita yang cocok untuk pengpalan teks berita di atas adalah..

a. Dimana, apa, mengapa.

b. Apa, mengapa, kapan, bagaimana.

c. dimana, siapa, bagaimana

d. Kapan, siapa, apa, dimana

 

19. Struktur berita yang tepat untuk kalimat pertama adalah..

a. Siapa

b. Berapa

c. Kapan

d. Dimana

 

20. Untuk meninkatkan semangat siswa dalam belajar tiap kelas harus membuat slogan.

Slogan yang sesuai dengan kegiatan tersebut adalah..

a. Belajar itu hatus.

b. Belajarlah agar pandai.

c. tiada harta yang kckal kccuali ilmu.

d. sukses itu hadiah bagi yang suka berusaha.

 

21. Perhatikan teks berikut!

 

Hani Kemerdekaan ke-70 RI diperingati di pelosok-pelosok Nusantara. (2) Berbagai kegiatan diadakan, seperti panjat pinang. (3) Mereka menganggap kegiatan tersebut menumbuhkan sikap cinta tannah air. (4) Namun, ada yang menganggap bahwa kegiatan itu boros karena menghabiskan banyak uang Kalimat yang menyatakan mendukung persoalan tersebut terdapat pada nomor ....

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

 

Bacalah teks di bawah ini unuk menjawnab sonal no. 22 dan 23!

 

Dalam beberapa literatur dijelaskan bahwa salah satu indikator kondisi tubuh yang sehat adalah tubuh yang ideal yang ditinjau dari aspek bobot tubuh. Makanan sehat bergizi meliputi bahan pangan yang bisa membuat kita terhindar dari kondisi kelebihan berat badan atau kckurangan berat badan. Makanan yang sehat dan higienis akan bisa membuat bobot tubuh anda tetap berada di angka normal atau berat badan ideal.

 

22. Teks tersebut temasuk dalam bagian...

a. Argumentasi

b. Tesis

c. Simpulan

d. penepgasan ulang

 

23. Simpulan dari bacaan di atas adalah...

a. Tubuh yang ideal ditinjau dari aspek bobot tubuh

b. Makanan sehat akan membuat tubuh ideal

c. Makanan sehat akan menghindarkan kita dari penyakit.

d. Kelebihan berat badan akan menyebabkan tubuh kita sulit gerak.

 

Bacalah puisi berikut untuk menjawnh soal no. 24-25!

 

Sepertiga Malam

Di sepertiga malam,

Rintik hujan membangunan bangun dari lelap

Mataku terbuka

Tiba-tiba, aku rindu bercerita kepada Tuhan

Tuhan,

Lelahku hari ini kembali menghasilkan tangis

Aku ingin bangkit,

Tetapi, realita yang tak sesuai harap kembali menjatuhkanku

 

24. Tema puisi di atas adalah ...

a. Mengingatkan manusia untuk mengingat tuhan

b. Puisi Kebajikan

c. Puisi ketuhanan

d. Kerinduan pada tuhan

 

25. Puisi di atas dibaca dengan perasaan...

a. Gembira.

b. Sedih.

c. Haru.

d. berduka

 

26. Perhatikan kerangka teks eksplanasi berikut!

1. Proses terjadinya gempa bumi

2. Penyebab terjadinya gempa bumi

3. Definisi gempa bumi

4. Akibat gempa bumi

5. Simpulan gempa bumi

Jika dikembanpkan menjadi teks eksplanasi, urutan kerangka yang tepat adalah..

a. 3-2-1-4-5

b. 3-4-2-1-5

c. 3-4-1-2-5

d. 3-1-2.4-5

 

Bacalah kutipan teks di bawah ini untuk mengisi soal no 28 dan 29!

 

 

Belalan dan Semut Waktu berlalu, musim salju pun tiba Semua tumbuhan layu dan tidak dapat menghasilkan makanan untuk penghuni hutan. Semua makanan di hutan habis tidak tersisa Belalang pun kelaparan. la sempat melihat rumah Semut yang memiliki banyak cadangan makanan. Belalang pun menyadari jka Semut sebelumnya telah mempersiapkan diri untuk musim salju ini. Semut bekerja keras untuk menyiapkan cadangan makanan melewati musim salju tersebut Pada akhirnya, Semut dapat melewati musmn salju dan melihat musim semi hadir kembali.

 

27 Kutipan teks fabel tersebut termasuk bagian struktur...

a. Orientasi

b. Komplikasi

c. Konflik

d. Resolusi 

 

28. Amanat dari cuplikan teks di atas adalah..

a. Jangan buat hiduhmu hanya untuk bersenang-senang, kita harus berfikir dan bersiap untuk masa depan lebih baik

b. Jangan suka in terhadap orang lain.

c. berusahalah mcnyiapkan bekal makanan scbeclum turun salju.

d. berbaiklah kepada semut agar belalang dibagi makanan oleh semut.

 

Bacalah kutipan teks fabel berikut untuk mengisi soal no. 29-33!

 

Para penghuni rimba merasa kurang senang Keangkuhan Si Merak semakin menjadi-jadi. Setiap berjumpa penghuni rimba lainnya, merak selalu pamer bulu-bulunya itu. "Siapa yang bisa menandingi keelokan diriku?" kata Merak berulang kali, tanpa bosan-bosan. Tentu saja teman-temannya kian jengkel kepada Merak. "Ah, aku ada akal untuk menyadarkan Si Merak," pikir Kancil suatu hari. Lantas Kancil membisiki beberapa teman yang lain. Di antaranya Kijang, Kelinci, dan Tupai. Pagi itu Merak kembali pamer kepada teman-temannya. Jalannya dibuat miring-miring agar bagian bulunya kelihatan siapa saja.

 

29. Simbol bulu tersebut pada teks di atas mengandung makna....

a kekayaan

b. keindahan

c. kebaikan

d. kesombongan

 

30. Latar suasana pada kutipan teks di atas adalah ....

a. menjengkelkan.

b. meresahkan.

c. menegangkan.

d. ceria.

 

31. Judul yang tepat untuk kutipan teks fabel di atas adalah ....

a. merak yang sombong.

b. keangkuhan merak dan teman-temannya

c. penghuni hutan yang iri dengan merak.

d. cerita di hutan rimba.

 

32. Siapa yang memiliki akal untuk menyadarkan si merak...

a. tupai.

b. kelinci.

d. kijang

c. kancil.

 

33. Watak kancil pada kutipan teks di atas adalah ....

a. jail

b. cerdik.

c. antagonis.

d. tritagonis.

 

34. (I)Sejak sore tadi Fai dan Mita duduk diam di Cafe Break ini.(2) Kopi yang mereka pesan sama sekali belum tersentuh. (3) Mereka hanya diam dan saling pandang.(4) Malam semakin larut, mereka enggan untuk mengungkapkan sepatah kata Bukti latar pada kutipan cerpen tersebut ditujukkan pada kalimat nomor....

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

 

35. (1)Tega sekali Dio membohongiku seperti ini. (2) Walaupun seribu kali dia minta maaf padaku aku tidak akan pernah memaafkannya.(3) Aku tidak suka dibohongi seperti ini.(4) Dia pikir dia siapa.

Bukti watak tokoh aku yang bukan pemaaf ditunjukkan pada kalimat nomor....

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

 

36. Rumah sakit Dr Soetomo memiliki ..... kesehatan yanng lengkap.

Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah...

a. Ruang

b. Sarana

c. Prasarana

d. Fasilitas

 

37 Pria setengah baya itu terlihat (...)

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah..

a. Kebapak-bapakan

b. Kebapakan

c. Membapakan

d. bapakan

 

38. Cermati kalimat-kalimat berikut!

a. Tour kali ini disponsori oleh salah satu perusahaan makanan termama dari Jakarta

b. Para siswa akan diajak berkeliling ketempat-tempat bersejarah.

c. Seluruh biaya tidak akan dibebankan kepada siswa.

d. Sungguh beruntung siswa SMP Harapan yang mengikuti tur.

e. Ini akan menjadi pengalaman berharga bagi mereka.

 

Susunan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf padu adalah...

a. (4)(2)(3)(1)(5)

b. (4),(1)(3)(2)(5)

c. (1)(2)(3)(4)(5)

d. (3)(1)(2)(4)(5)

 

39. Bacalah teks berikut!

a. Matikan sekring

b. Gunakan sandal

c. Sambungkan kabel yang terlepas.

d. Lepaskan lampu secara perlahandengan memutarkannya keluar dari kap lampu.

e.  ...........................

f. Nyalakan sekring

 

Kalimat tepat untuk melengkapi bagian rumpang adalah...

a. Siapkan lampu

b. Pasang kembal lampu

c. Lepas lampu dari sekring

d. Pasang lampu dengan kabel

 

 

Bacalah teks berikut!

 

Antrean kendaraan semakin panjang . Empat jalur mobil penuh sesak. Beberapa kendaraan mengambil posisi hendak kekanan dan kekiri sehingga suasana lalu lintas tambah semrawut. Tidak hanya kendaraan bermotor yang menggunakan jalan.(...) Berbagai angkutan umum berada di pinggir jalan. Ironisnya, dari sekian banyak angkutan umum itu, hanya beberapa yang berhenti di lajur terkiri sebagaimana mestinya

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah...

a. Banyak angkutan yang menggunakan lajur kiri untuk menaikkan penumpang.

b. Kendaraan pribadi pun ada di beberapa lokasi tersebut.

c. Jalan digunakan kendaraan umum dan pedagang kaki lima.

d. Kendaraan bemotor dan angkutan umum memenuhi jalan.

 

41. Simak kutipan teks berikut!

 

Banyak yang mendukung keputusan pemerintah itu, namun banyak juga yang menentang. Mereka yang mendukung beralasan penerbangan murah itu yang membuat masyarakat Indonesia lebih cenderung bertamasya ke negara tetangga. Padahal banyak obyek wisata indah di Indonesia, hanya memang masih kurang dipromosikan oleh pemerintah.

Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....

a. lsu

b. Argumen Pro

c. Argumen Kontra

d. Simpulan/Saran

 

42. Hal yang perlu dikerjakan oleh seorang penyaji dalam diskusi tertera di bawah ini, kecuali ...

a. Menjawab tanggapan-tanggapan peserta diskusi

b. Menulis notula tentang jalannya seminar

c. Menyampaikan salam pembukaan

d. Tidak membacakan makalah karena telah dibagikan scbelumnya

 

43. Hal-hal berikut yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan pendapat berupa persetujuan, kecuali ...

a. Menggunakan bahasa nonformal

b. Menggunakan data pendukung

c. Menggunakan uraian yang padat

d. Bersifat memperkuat pendapat

 

44. Berikut kalimat pemyataan tidak setuju yang santun adalah ...

a. Kami kurang sependapat dengan gagasan saudara

b. Kami akan mempertimbangkan gagasan saudara

c. Pendapat Anda masih perlu ditinjau kembali

d. Saudara pembicara, pendapat Anda tersebut sepertinya masih meragukan

 

45. Kalimat yang tepat untuk menyampaikan saran dalam suatu diskusi adalah ...

a. Saudara penyaji, sebaiknya kita mencari jalan keluar agar minat baca di kalangan siswa terus meningkat.

b. Saya sangat setuju kalau siswa diberi kewajiban membaca sebuah buku yang harus diselesaikan dua minggu

c. Semua guru memiliki kewajiban menyukseskan gerakan giat membaca.

d. Peran orang tua sangat besar untuk menyukseskan gerakan giat membaca, karena membaca merupakan jendela pengetahuan.

 

46. Salah satu cara untuk membangun kedekatan emosional yaitu ...

a. menulis.

b. menari.

c. bercerita.

d. belajar.

 

47. Berikut ini merupakan cini teks cerita inspiratif, kecuali ....

a. memiliki bahasa yang baku

b. menggunakan kata-kata yang menggugah semangat

c. membenkan motivasi pembaca.

d. menghipnotis pembaca sehingga dapat larut bersama dengan pembaca.

 

48. Ringkasan peristiwa (cerita) dalam secara urut mulai dari awal sampai akhir disebut ...

a. kesimpulan.

b. perbandingan.

c. struktur.

d. kebahasaan

 

49. Teks cerita inspiratif bertujuan untuk ....

a. mempengaruhi pembaca

c. menyelesaikan masalah.

b. memberikan inspirasi.

d. mendeskripsikan benda atau tempat.

 

50. Berikut merupakan langkah membuat kesimpulan dalam teks cerita inspiratif, kecuali ...

a. membaca secarakeseluruhan isi teks.

c. membuat kesimpulan.

b. menentukan kalimat utama.

d. memunculkan ide pokok.

Demikian yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini tentang online schools latihan soal Bahasa Indonesia ujian sekolah madrasah ( US/UM ) kelas 9 SMP/MTs Tahun 2021, semoga dapat bermanfaat bagi semua yang sedang membutuhkan latihan soal ini.

Tetap semangat dalam belajar, jangan menyerah dan semoga sukses.

Terima kasih.

0 Response to "Latihan Soal Bahasa Indonesia Ujian Sekolah Madrasah ( US/UM ) Kelas 9 SMP/MTs Tahun 2021"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel