Soal PTS Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 SMP/MTs
Anaksmp-mts . berjumpa kembali dengan kami, lama sekali blog ini tidak pernah update dikarena sedang ada kesibukan sedikit, hehehe…
Soal PTS Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 SMP/MTs
Kembali kepembahasan, sore hari ini kami akan mebagikan latihan soal PTS Bahasa Indonesia kelas 9 jenjang SMP/MTs, yang kebutulan pada saat ini masih berlangsung kegiatan penilaian tengah semester pada sebagian sekolah atau madrasah.
Latihan soal pts penilaian tengah semester bahasa indonesia kelas 9 semester 2 smp/mts ini, berjumlah 30 berjenis soal online yang mana cara mengerjakannya dapat langsung dikerjakan serta pula bisa mengetahui jawaban benar atau salah.
Berikut adalah adalah soal pts penilaian tengah semester bahasa indonesia kelas 9 semester 2 smp/mts yang telah kami siapkan dibawah, silahkan :
7. Isu dalam bacaan tersebut adalah ....
a. Jajanan merupakan makanan ringan yang sekarang ini dinikmati banyak orang khususnya para remaja.
b. Jajanan di luar sekolah sangat unik dan menarik.
c. Jajanan di luar sekolah membuat perut kenyang dan menambah energi.
d. Efek dampak buruk dari jajan sembarangan adalah menjadi sakit
8. Jajanan yang beraneka warna dan ragam bentuk di luar sekolah mengandung....
a. bahan alami yang aman dikonsumsi
b. zat yang berbahaya
c. bahan sehat guna mendukung pertumbuhan.
d. vitamin guna menunjang kecerdasan anak.
9. Argumen mendukung dari teks diskusi tersebut terletak pada paragraf ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
10. Kalimat pernyataan berikut yang tepat untuk menutup diskusi adalah ....
c. Selesailah sudah diskusi kita kali ini, terima kasih banyak dan selamat siang.
d. Sekian diskusi kita. Semoga bermanfaat dan selamat siang.
11. Sewaktu diadakan diskusi dengan topik "Mengapa minat baca siswa kurang?", penyaji berpendapat bahwa masih banyak siswa yang berhura-hura saja. Mereka tidak memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca buku di perpustakaan.
a. Saudara penyaji jangan hanya menyalahkan siswa saja, guru pun harus diingatkan.
b. Saudara moderator yang terhormat, hal itu tidak terjadi buku-buku yang kita inginkan disediakan di perpustakaan.
c. Saudara moderator yang terhormat, apa yang diungkapkan penyajf benar adanya, tetapi janganlah semua kesalahan ditimpakan kepada siswa.
d. Saudara penyajj, hal itu terjadi karena siswa tidak mendapatkan pengarahan dari guru di sekolah.
12. Teks diskusi merupakan penulisan yang ....
a. argumentatif
b. naratif
c. ekspresif
d. inovatif
13. Konjungsi adalah ....
a. kata kerja
b. kata benda
c. kata sifat
d. kata sambung
14. Untuk melengkapi teks rumpang, setidaknya tahu maksud dari ....
a. kata
b. paragraph
c. kalimat
d. isi
15. Teks eksposisi merupakan karangan yang menyajikan sejumlah ....
a. pengetahuan atau informasi
b. pengetahuan atau ilmu
c. pengetahuan atau wacana
d. pengetahuan atau teori
16. Dalam teks diskusi, terdapat ... struktur kebahasaan.
a. satu
b. dua
c. tiga
17. Rekomendasi sering disebut sebagai ....
a. pendahuluan
b. penutup
c. kesimpulan
d. isi
18. Teks diskusi dapat menampilkan dan menguraikan masalah atau persoalan dari....
a. minimal satu perbedaan pandangan
b. minimal dua perbedaan pandangan
c. minimal tiga perbedaan pandangan
d. minimal empat perbedaan pandangan
19. Bagian pendahuluan merupakan ...
a. awalan
b. pembukaan
c. isian
d. penutup
20. Pendahuluan biasanya berisi tentang ....
a. gagasan utama
b. tujuan penulisan
c. ide pokok dari suatu persoalan
d. masalah utama
21. Kata diskusi berasal dari bahasa Latin, "discustion"atau "discusum" yang artinya ....
a. kerja sama
b. bertukar pikiran
c. gagasan
d. kesepakatan
22. Percakapan ilmiah yang berisi pertukaran pendapat, pemunculan ide-ide, dan pengajuan pertanyaan yang dilakukan oleh beberapa orang yang tergabung dalam kelompok untuk mencari atau memperoleh kebenaran merupakan pengertian diskusi menurut ....
a. Arsjad
c. Juhara, Budiman, dan Rohayati
d. Somed
23. Tujuan diskusi yang kedua menurut Samijo dan Mardiani adalah ....
a. menemukan solusi atau kebenaran tentang sesuatu yang diperbincangkan
b. setiap anggota kelompok dapat memetik keuntungan dari hasil diskusi kelompok yang tidak mungkin didapat dari membaca buku atau hasil mendengarkan kuliah
c. suatu ide atau gagasan yang baik dan positif yang hanya dimiliki oleh seseorang dapat diutarakan dalam kelompok belajar (diskusi), sehingga gagasan yang baik itu dapat dimiliki oleh kelompok
d. tiap anggota dapat melaksanakan tukar menukar informasi yang menyangkut pengetahuan dan pengalaman belajar, sehingga dapat menciptakan implikasi baru dalam kelompok
24. Nama lain jenis diskusi brainstorming adalah ...
a. seminar
b. dialog
c. sumbangan saran
d. diskusi panel
25. Pembaca diajak untuk meninjau kembali keuntungan dan kekurangan yang ditimbulkan dari masalah adalah penjelasan dari bagian struktur teks diskusi yang disebut dengan ....
a. isu
b. masalah
c. argumen
d. simpulan
26. Berikut yang termasuk dalam struktur teks diskusi adalah ...
a. orientasi, argumen, dan simpulan
b. isu, argumen mendukung, argumen menentang, dan saran
c. masalah, pendapat pro, pendapat kontra, dan kritik
d. isu, argumen, saran, simpulan, dan kritik
27. Berikut yang termasuk kata berantonim yang tepat adalah ....
a. aktif >< pasif
b. melati >< puspa bangsa
c. bunga >< kembang
d. bertemu >< berjumpa
28. Berikut penggunaan konjungsi tetapi yang tepat adalah ...
a. Perokok aktif tetap bisa merokok tetapi harus di tempat khusus.
b. Perokok aktif tetapi perokok pasif memiliki risiko yang sama besar.
c. Perokok pasif dapat disebut juga tetapi non perokok.
d. Orang yang dlarang untuk merokok ibu hamil, anak-anak, tetapi orang sakit.
29. Kata yang mempunyai makna kemungkinan, kenyataan, dan sebagainya yang dinyatakan dalam kalimat disebut dengan kata....
a. gramatikal
d. hiponim
30. Berikut argumen yang menyatakan penolakan terhadap penggunaan smartphone bagi pelajar adalah ....
a. Smartphone sangat penting bagi pelajar untuk berkomunikasi.
b. Dengan adanya smartphone, tugas siswa semakin mudah dikerjakan.
c. Smartphone mampu memberikan fasilitas GPS yang berguna bagi anggota Pramuka yang tersesat.
d. Kehadiran smartphone membuat siswa malas berinteraksi secara langsung dengan teman di sekitarnya.
Demikian yang dapat kami bagikan pada kesempatan hari ini tentang soal pts penilaian tengah semester bahasa indonesia kelas 9 semester 2 smp/mts, semoga dapat bermanfaat.
Semangat belajar dan semoga sukses.
Terima kasih.
0 Response to "Soal PTS Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 SMP/MTs"
Post a Comment
Berkomentarlah dengan bijak, terima kasih.