Soal PTS Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 SMP/MTs

Anaksmp-mts . berjumpa kembali dengan kami, lama sekali blog ini tidak pernah update dikarena sedang ada kesibukan sedikit, hehehe…

Soal PTS Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 SMP/MTs

Soal PTS Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 SMP/MTs

Kembali kepembahasan, sore hari ini kami akan mebagikan latihan soal PTS Bahasa Indonesia kelas 9 jenjang SMP/MTs, yang kebutulan pada saat ini masih berlangsung kegiatan penilaian tengah semester pada sebagian sekolah atau madrasah.

Latihan soal pts penilaian tengah semester bahasa indonesia kelas 9 semester 2 smp/mts ini, berjumlah 30 berjenis soal online yang mana cara mengerjakannya dapat langsung dikerjakan serta pula bisa mengetahui jawaban benar atau salah.

Berikut adalah adalah soal pts penilaian tengah semester bahasa indonesia kelas 9 semester 2 smp/mts yang telah kami siapkan dibawah, silahkan :

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : 9
Semester : 2 / Genap

1. Jika hendak mengungkapkan pendapat dalam suatu diskusi, perlu dilakukan persiapan seperti yang tertera pada pernyataan berikut, kecuali ....  
a. mempelajari masalah yang akan didiskuskan
b. melengkapi pengetahuan kita mengenai masalah tersebut dengan membaca buku, majalah, surat kabar, dan berita di media elektronik
c. membuat rangkuman tentang masalah yang dibicarakan dengan lengkap dalam urutan yang padat
d. latihan vokal sebelum hadir di forum di diskusi

2. Hal-hal yang perlu dikerjakan oleh seorang penyaji dalam diskusi tertera di bawah ini, kecuali .... 
a. menjawab tanggapan-tanggapan peserta diskusi
b. menulis notula tentang jalannya seminar
c. menyampaikan salam pembukaan
d. tidak membacakan makalah karena telah dibagikan sebelumnya

3. Permasalahan yang akan disajikan dalam diskusi kelas disusun ke dalam bentuk ... 
a. artikel
b. laporan
c. rangkuman
d. makalah 

4. Seseorang yang akan menyampaikan pendapat perlu mengingat beberapa hal berikut, kecuali...
a. menggunakan fakta, contoh, ilustrasi, dan kesaksian
b. menyajikan dengan menarik, baik isi maupun bahasanya 
c. menggunakan kecepatan tinggi dan memberikan penekanan pada bagian penting 
d. menyampaikan dengan jelas, sistematis, dan logis

5. Hal-hal berikut perlu diperhatikan dalam menyampaikan pendapat berupa persetujuan, kecuali .... 
a. menggunakan bahasa nonformal
b. menggunakan data pendukung 
c. menggunakan uraian yang padat
d. bersifat memperkuat pendapat 

6. Berikut hal-hal yang tidak perlu diperhatikan dalam mengemukakan pendapat atau tanggapan adalah ....
a. tanggapan yang dikemukakan harus berhubungan atau sesuai dengan topik
b. tanggapan dikemukakan dalam uran yang lebar 
c. menggunakan kata yang tepat dan bersahaja
d. menggunakan kalimat yang mudah dipahami 

Bacalah teks diskusi berikut untuk soal no 7-9!
Jajanan merupakan makanan ringan yang  sekarang ini dinikmati orang khususnya para remaja. Dalam kehidupan sehari-hari, para remaja tidak lepas dari uang jajan. Meskipun orang tua sudah menyiapkan sarapan pagi, jajan merupakan kebiasaan sehari-hari para remaja. Apalagi di luar sekolah banyak penjual jajanan yang menjual beraneka ragam jajanan. Tetapi sebagian besar remaja merasa tertarik dengan jajanan yang bentuknya menarik, beraneka warna, dan beragam rasa.
Namun, tidak semua jajanan itu aman untuk dikonsumsi, karena walaupun terlihat cantik dan menarik, biasanya terdapat zat yang berbahaya dalam jajanan itu. Efek dampak buruk dari jajan sembarangan adalah menjadi sakit karena kandungan jajanan makanan dan minuman yang  tidak baik untuk kesehatan tubuh. 
Jajanan di luar sekolah membuat perut kenyang dan menambah energi. Jajanan juga bermanfaat, karena dapat mengenalkan keanekaragaman jenis makanan. Melalui makanan jajanan, kita bisa mengenal berbagai makanan yang ada sehingga dapat meningkatkan selera makan yang beragam, apabila saat dewasa nantikita dapat menikmati beraneka ragam makanan tersebut. Harganya juga terjangkau, sangat cocok bagi para remaja (pelajar) yang mendapat uang saku. Apabila kita tidak membawa bekal dan sarapan dari rumah, jajanan dapat menjadi pilihan tepat agar tidak kelaparan di sekolah. Terdapat beberapa macam warna dan rasa yang membuat pembeli semakin tertarik untuk membelinya. 

7. Isu dalam bacaan tersebut adalah ....
a. Jajanan merupakan makanan ringan yang sekarang ini dinikmati banyak orang khususnya para remaja.
b. Jajanan di luar sekolah sangat unik dan menarik.
c. Jajanan di luar sekolah membuat perut kenyang dan menambah energi.
d. Efek dampak buruk dari jajan sembarangan adalah menjadi sakit

8. Jajanan yang beraneka warna dan ragam bentuk di luar sekolah mengandung....
a. bahan alami yang aman dikonsumsi
b. zat yang berbahaya
c. bahan sehat guna mendukung pertumbuhan.
d. vitamin guna menunjang kecerdasan anak. 

9. Argumen mendukung dari teks diskusi tersebut terletak pada paragraf ....
a. pertama 
b. kedua 
c. ketiga 
d. keempat 

10. Kalimat pernyataan berikut yang tepat untuk menutup diskusi adalah ....
a. Demikianlah diskusi kita kali ini, atas perhatian Saudara sekalian kami mengucapkan terima kasih.
b. Saudara, sekian diskusi kali ini atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih 
c. Selesailah sudah diskusi kita kali ini, terima kasih banyak dan selamat siang. 
d. Sekian diskusi kita. Semoga bermanfaat dan selamat siang. 

11. Sewaktu diadakan diskusi dengan topik "Mengapa minat baca siswa kurang?", penyaji berpendapat bahwa masih banyak siswa yang berhura-hura saja. Mereka tidak memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca buku di perpustakaan.
Pernyataan sanggahan yang tepat adalah ...
a. Saudara penyaji jangan hanya menyalahkan siswa saja, guru pun harus diingatkan.
b. Saudara moderator yang terhormat, hal itu tidak terjadi buku-buku yang kita inginkan disediakan di perpustakaan. 
c. Saudara moderator yang terhormat, apa yang diungkapkan penyajf benar adanya, tetapi janganlah semua kesalahan ditimpakan kepada siswa.
d. Saudara penyajj, hal itu terjadi karena siswa tidak mendapatkan pengarahan dari guru di sekolah. 

12. Teks diskusi merupakan penulisan yang .... 
a. argumentatif 
b. naratif 
c. ekspresif 
d. inovatif 

13. Konjungsi adalah ....
a. kata kerja 
b. kata benda 
c. kata sifat 
d. kata sambung 

14. Untuk melengkapi teks rumpang, setidaknya tahu maksud dari ....
a. kata 
b. paragraph 
c. kalimat 
d. isi 

15. Teks eksposisi merupakan karangan yang menyajikan sejumlah ....
a. pengetahuan atau informasi 
b. pengetahuan atau ilmu 
c. pengetahuan atau wacana
d. pengetahuan atau teori 

16. Dalam teks diskusi, terdapat ... struktur kebahasaan. 
a. satu
b. dua 
c. tiga
d. empat 

17. Rekomendasi sering disebut sebagai ....
a. pendahuluan 
b. penutup 
c. kesimpulan 
d. isi 

18. Teks diskusi dapat menampilkan dan menguraikan masalah atau persoalan dari.... 
a. minimal satu perbedaan pandangan
b. minimal dua perbedaan pandangan 
c. minimal tiga perbedaan pandangan 
d. minimal empat perbedaan pandangan 

19. Bagian pendahuluan merupakan ...
a. awalan 
b. pembukaan 
c. isian 
d. penutup 

20. Pendahuluan biasanya berisi tentang ....
a. gagasan utama 
b. tujuan penulisan 
c. ide pokok dari suatu persoalan
d. masalah utama 

21. Kata diskusi berasal dari bahasa Latin, "discustion"atau "discusum" yang artinya ....
a. kerja sama 
b. bertukar pikiran 
c. gagasan 
d. kesepakatan 

22. Percakapan ilmiah yang berisi pertukaran pendapat, pemunculan ide-ide, dan pengajuan pertanyaan yang dilakukan oleh beberapa orang yang tergabung dalam kelompok untuk mencari atau memperoleh kebenaran merupakan pengertian diskusi menurut .... 
a. Arsjad
b. Samijo dan Mardiani 
c. Juhara, Budiman, dan Rohayati
d. Somed 

23. Tujuan diskusi yang kedua menurut Samijo dan Mardiani adalah ....
a. menemukan solusi atau kebenaran tentang sesuatu yang diperbincangkan
b. setiap anggota kelompok dapat memetik keuntungan dari hasil diskusi kelompok yang tidak mungkin didapat dari membaca buku atau hasil mendengarkan kuliah
c. suatu ide atau gagasan yang baik dan positif yang hanya dimiliki oleh seseorang dapat diutarakan dalam kelompok belajar (diskusi), sehingga gagasan yang baik itu dapat dimiliki oleh kelompok
d. tiap anggota dapat melaksanakan tukar menukar informasi yang menyangkut pengetahuan dan pengalaman belajar, sehingga dapat menciptakan implikasi baru dalam kelompok 

24. Nama lain jenis diskusi brainstorming adalah ...
a. seminar
b. dialog 
c. sumbangan saran
d. diskusi panel

25. Pembaca diajak untuk meninjau kembali keuntungan dan kekurangan yang ditimbulkan dari masalah adalah penjelasan dari bagian struktur teks diskusi yang disebut dengan .... 
a. isu
b. masalah 
c. argumen
d. simpulan 

26. Berikut yang termasuk dalam struktur teks diskusi adalah ...
a. orientasi, argumen, dan simpulan
b. isu, argumen mendukung, argumen menentang, dan saran 
c. masalah, pendapat pro, pendapat kontra, dan kritik
d. isu, argumen, saran, simpulan, dan kritik 

27. Berikut yang termasuk kata berantonim yang tepat adalah .... 
a. aktif >< pasif 
b. melati >< puspa bangsa 
c. bunga >< kembang 
d. bertemu >< berjumpa 

28. Berikut penggunaan konjungsi tetapi yang tepat adalah ...
a. Perokok aktif tetap bisa merokok tetapi harus di tempat khusus.
b. Perokok aktif tetapi perokok pasif memiliki risiko yang sama besar. 
c. Perokok pasif dapat disebut juga tetapi non perokok.
d. Orang yang dlarang untuk merokok ibu hamil, anak-anak, tetapi orang sakit.

29. Kata yang mempunyai makna kemungkinan, kenyataan, dan sebagainya yang dinyatakan dalam kalimat disebut dengan kata.... 
a. gramatikal
b. leksikal
c. modalitas
d. hiponim

30. Berikut argumen yang menyatakan penolakan terhadap penggunaan smartphone bagi pelajar adalah ....
a. Smartphone sangat penting bagi pelajar untuk berkomunikasi.
b. Dengan adanya smartphone, tugas siswa semakin mudah dikerjakan. 
c. Smartphone mampu memberikan fasilitas GPS yang berguna bagi anggota Pramuka yang tersesat.
d. Kehadiran smartphone membuat siswa malas berinteraksi secara langsung dengan teman di sekitarnya. 

Demikian yang dapat kami bagikan pada kesempatan hari ini tentang soal pts penilaian tengah semester bahasa indonesia kelas 9 semester 2 smp/mts, semoga dapat bermanfaat.

Semangat belajar dan semoga sukses.

Terima kasih.

0 Response to "Soal PTS Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 SMP/MTs"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel