Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs Tahun 2020-2021

Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas : 8

Materi : Latihan Soal PAT Semester 2

Jenjang : SMP/MTs

________________________________________________________________________________________

1. Bacalah puisi rakyat berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 4 !

Kalau ada sumur diladang, boloh saya numpang mandi. Kalau ada umur yang panjang, boleh kita berjumpa lagi.

Puisi rakyat terse but termasuk jenis ....

a. talibun

b. karmina

c. pantun  

d. gurindam

Jawab : C

 

2. Larik ke-3 dan ke-4 merupakan satu kalimat ...

a. tunggal

b. mejemuk

c. aktif 

d. pasif

Jawab : B

 

3. Larik ke 3 dan 4 merupakan kalimat saran dengan pola hubungan syarat terdapat pada larik ke ....

a. 1 

b. 2

c. 3

d. 4

Jawab : C

 

4. Ditinjau dari jenis kalimat yang digunakan, pantun pada larik ke-1 dan ke-2 menggunakan kalimat ....

a. berita 

b. larangan

c. perintah

d. ajakan

Jawab : A

 

5. Seloka tidak terikat dengan .... 

a. rima

b. larik

c. isi

d. persajakan

Jawab : D

 

6. Bacalah teks berikut!

(1) Sang Pemimpl merupakan novel kedua

Andrea Hirata. (2) Novel ini mengisahkan

masa-masa tokohnya merajut mimpi di SMA

dengan nuansa kenakalan khas remaja. (3)

Andrea Hirata membawa kita pada kenyataan

hidup yang harus dihadapi tokoh-tokohnya

dan mimpi-mimpinya. (4) Andrea hampir

berhasil membangkitkan obor semangat

meraih mimpi lkal, Arai, dan Jimbrom hingga

mengantarkan mereka menuju Sorbonne. (5)

Novel Sang Pemimpi sangat kaya dengan

keindahan bahasa yang dengannya setiap

alur terdeskripsikan dengan sempurna. (6)

Intolektualitas tinggi dan humor terjalin

dengan memesona mengeksplorasi karakter

para pelaku. (7) Novel ini sarat dengan nilai

moral yang ditunjukkan dengan rasa humanis

tinggi orang remaja. (8) Nilai sosialnya juga

sangat menonjol, seperti kesetiakawanan

antara /kal, Arai, dan Jimboron. Tentu saja,

dilengkapi dengan nilai agama yang kental

dijalani oleh tokoh-tokohnya.

 

Pernyataan yang merupakan keunggulan novel terdapat pada bagian....

a. (1) dan (2)

b. (2) dan (3)

c. (4) dan (5) 

d. (5) dan (6)

Jawab : C

 

7. Bacalah teks berikut!

Sudah empat tahun aku pindah dari rumah

orang tuaku. Borempat dengan pegawai

Garuda lain, aku menempati sebuah kamar

sempit di suatu rumah pondokan. Bagian

belakang ada empat kamar yang sama.

Terdapat pula sebuah ruang persegi panjang

yang diisi dengan tiga meja serta kumpulan

kursi, tempat anak-anak asrama menerima

tamu. Tempat tidur, kasur, lemari, sampai

perabot ruang duduk tidak ada yang

menunjukkan kehidupan mewah.

Unsur intrinsik yang dominan dalam

 

cuplikan cerita tersebut adalah ....

a. alur

b. latar

c. perwatakan

d. tema

Jawab : B

 

8. Bacalah kutipan cerita berikut !

(1) Lintang memang tidak memiliki

pengalaman emosional dengan Bonenga

seperti yang kualami. (2) Dapat dikatakan tak

jarang Lintang mempertaruhkan nyawa demi

menempuh pendidikan namun tak sehari pun

ia pernah membolos. (3) Delapan puluh kilo

meter pulang pergi ditempuhnya dengan

sepeda setiap hari. Tak pernah mengeluh. (4)

Jika kegiatan sekolah berlangsung sampai

sore, ia akan tiba ma/am di rumahnya. Sering

aku merasa ngeri membayangkannya.

(Laskar Pelangi, Andrea Hirata)

 

Bukti watak tokoh Lintang ulet dan tidak mudah putus asa terdapat pada kalimat nomor ....

a. (1) dan (2)

b. (1) dan (4)

c. (2) dan (3)

d. (2) dan (4)

Jawab : C

 

9. Berikut ini adalah ciri-ciri novel, kecuali ....

a. memiliki nilai-nilai

b. memiliki karakter

c. memiliki latar, setting dan plot

d. memiliki satu konflik

Jawab : D

 

10. Bacalah penggalan novel berikut !

Setiap hari Pak Raden bekerja dengan keras.

Tidak peduli siang dan ma/am, Dia dengan

tekun menggerakkan tubuh-tubuhnya yang

renta. Selain pekerja koras dan tekun, Pak

Raden juga terkenal akan kejujurannya.

 

Penokohan dalam kutipan novel tersebut disampaikan dengan cara ...

a. langsung 

b. tidak langsung

c. tersirat

d. lingkungan tokoh

Jawab : A

 

11. Teks ulasan disebut juga dengan ....

a. resensi

b. apresepsi

c. sinopsis 

d. komplikasi

Jawab : A

 

12. Cermati data buku berikut!

Ulasan buku karya Sastranegara ini tidak

mendalam dan lidak telili karena desakan

waktu yang disediakan kepada penulisnya.

Buku ini merupakan catatan kesan-kesan

pertama seorang pembaca.

 

Kalimat yang menyatakan kelemahan buku adalah ...

a. Penulis buku tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalah.

b. Membaca, menikmati, dan menghayaticerpen sastra negara tidak sulit.

c. Buku tersebut disusun karena desakan penerbit.

d. Pengarang menceritakan secara mendetail karya cerpennya

Jawab : A

 

13. Pernyataan berikut ini merupakan unsur­unsur yang ditulis dalam resensi, kecuali ...

a. Memberi informasi  tentang keunggulan dan kelemahan buku.

b. Menyajikan penilaian yang objektif.

c. Menginformasikan perlu tidaknya buku tersebut dibaca.

d. Mengungkapkan identitas buku.

Jawab : C

 

14. Karangan berbentuk fiksi bertujuan menyampaikan ....

a. ajakan

b. informasi secara imajinatif

c. imbauan

d. cerita rekaan

Jawab : B

 

15 Bacalah teks berikut !

"Insiden" kecil ini mewarnai karya Suwarno

yang kalau tidak salah juga merupakan

disertasinya. Suwamo adalah orang Yogya.

Pendeknya, ia hidup di sana dan merasa­

kan demikian membudaya. Suwarno

mengagumi Hamengku Buwono IX.

Akibatnya, buku itu over repetitive, kurang

bermutu, dan kurang perbandingan.

 

Penggalan teks tersebut merupakan unsur buku yang menunjukkan ....

a. keunggulan buku

b. isi pokok buku

c. deskripsi buku

d. kelemahan buku

Jawab : C

 

Perhatikan pantun berikut untuk menjawab soal no-16- 20!

(1) Tajin diolah jadilah jamu

(2) Beras direndam jadilah tajin

(3) Belajarlah dengan tekun dan rajin

(4) Agar dapat kau gapai citamu

 

16. Urutan yang tepat agar menjadi pantun yang padu adalah ....

a. (1 ),(2),(3),(4)

b. (2),(1),(3),(4)

c. (3),(1) (2),(4) 

d. (4),(3),(2),(1)

Jawab : B

 

17. Jenis pantun diatas adalah ....

a. pantun agama

b. pantun jenaka

c. pantun nasihat

d. pantun berkasih-kasihan

Jawab : C

 

18. Baris pertama dan kedua pada pantun disebut ....

a. isi

b. larik

c. paragraf

d. sampiran

Jawab : D

 

19. Baris ketiga dan keempat pada pantun disebut ....

a. isi

c. sajak

b. larik

d. sampiran

Jawab : A

 

20. Isi dari pantun tersebut adalah ....

a. memberi tahu cara mengolah tajin menjadi jamu

b. mengajak kita rajin belajar agar dapat menggapai cita-cita

c. mengimbau pada kita untuk meminum tajin agar rajin belajar

d. mengatakan bahwa kita dapat menggapai cita-cita tanpa belajar

Jawab : B

 

Bacalah surat undangan berikut ini!

Yth. Saudara Bambang Sukadi

Jalan Sidobali 25

Kota Gede, Yogyakarta

....................

hari : Senin

tanggal : 20 Agustus 2017

waktu tempat : pukul 08.30 sampai selesai

tempat : Aula SMA Pertiwi

Kami mengucapkan terima kaslh atas perhatian saudara.

 

21. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian pembuka surat yang rumpang diatas adalah ...

a. Bersama surat ini saya mengundang saudara rapat

b. Kami mengundang Saudara hadir untuk rapat

c. Dengan surat ini, kami mengundang saudara untuk menghadiri rapat pada

d. Surat ini mengundang Saudara untuk hadir rapat

Jawab : C

 

22. Bagian terakhir surat izin adalah....

a. kalimat penutup

b. salam penutup

c. maksud surat

d. tanda tangan dan identitas pengirim surat

Jawab : D

 

23. Surat pribadi biasanya ditujukan untuk ...

a. dinas

b. perusahaan

c. teman 

d. instansi

Jawab : C

 

Bacalah kutipan cerita berikut dengan cermat untuk menjawab soal no. 24-25 !

. . . . . .

 

Pada suatu pagi anjing itu bangun dari

tidurnya komudian dia berjalan mengitari

perkebunan jagung itu sambil mengendus-endus

bau hewan lain dengan hidungnya, penciuman

anjing itu sangat tajam bahkan anjing itu mampu

mencium bau kelinci dari jarak yang sangat jauh,

ketika dia berjalan anjing itu mencium bau kelinci

dari kejauhan anjing itu mengikuti arah bau ilu

sampai akhirnya dia me/ihat seokor kelinci sedang

asik memakan pucuk jagung yang masih muda.

Anjing itu berjalan perlahan mendekati kolinci

tersebut ketika dia sudah sangat dekat dengan

kelinci itu sang anjing Jangsung mengejarnya

dengan sangat cepat, namun sang kelinci

mendengar langkah anjing itu karena kelinci

memiliki telinga yang panjang dan sangat peka

terhadap suara. Kelinci itu menhindari sang anjing

dengan cepat dia melompat dengan sangat cepat

dan /ompatan kelinci itu sangat jauh.

 

Sang anjing terus mengejarnya meskipun

kelinci itu semakin menjauh dari jarak sang anjing

namun sang anjing tidak menyerah begitu saja.

Anjing itu memiliki kemampuan berlari tanpa henti

sehingga dia mampu mengejar sang kelinci tanpa

kelelahan. Meskipun demikian sang kelinci yang

sangat cepat melompat menghindari kejaran

anjing itu membuat anjing flu kehilangan jejaknya,

anjing itu mulai mengendus-ngendus bau sang

kelinci dan tidak lama kemudian dia menemukan

kelinci itu kini dia mengejarnya lebih cepal dari

sebelumnya namun sang kelinci itu lidak dapat dia

kojar hingga akhirnya anjing itu menyerah dan tidak

melakukan pengejaran terhadap kelinci itu lagi.

 

Ternyata kejadian itu ditonton oleh seekor

burung gagak yang sedang berlengger di sobuah

pohon yang daunnya sedang gugur ketika anjing

itu melewati pohon tersebut sang gagak bertanya

kepadanya "Ternyata kelinci itu lobih kencang

dibandingkan dengan dirimu" kemudian sang

anjing berkata dongan tenang "Apa kau tidak

melihat porbodaan yang begitu mencolok antara

aku dengan kelinci itu?" sang gagak menjawab

"aku tidak molihat porbedaan itu, memang apa

porbedaan yang kau maksudkan itu?" Sang anjing

menjawab "Aku berlari untuk menangkap makanan

sedangkan dia berlari mempertahankan hidupnya,

sebuah koinginan akan menentukan kerasnya

sebuah usaha".

 

24. Latar pada kutipan fabel di atas adalah .....

a. Disawah 

b. Diperkebunan jagung

c. Di sungai 

d. Di hutan

Jawab : B

 

25. Berikut nilai molal yang terkandung dalam kutipan cerita di atas, kecuali .....

a. Jika kita memiliki keinginan dan semangat yang kuat untuk mewujudkan apa yang kita inginkan, maka cepat atau lambat keinginan itu pasti akan terwujud .

b. Sebuah keinginan akan menentukan kerasnya sebuah usaha.

c. Semangat dan kerja keras akan mewujudkan impian

d. Sepandai-pandainya kita berpura-pura maka suatu saat akan terlihat juga kebohongannya.

Jawab : D

 

26. Pesan moral dalam cerita disampaikan secara .....

a. eksplisit

b. langsung

c. terang-terangan

d. implisit

Jawab : D

 

27. Tokoh yang menjadi peran utama dan peran pembantu dalam cerita fabel biasanya adalah .....

a. manusia

b. tumbuhan

c. binatang

d. manusia dan tumbuhan

Jawab : C

 

28. Perhatikan kutipan surat pribadi berikut!

 

Jakarta, 20 Mei 2017

Mbak Sari, adek mau menggangu nih. Pada

28 Mei 2017, adik mau menari di sekolah

da/am acara peringatan hari Sumpah

Pemuda, tetapi kostum adek lertinggal di

rumah kita (Surabaya) tolong ya Mbak kostum

itu dikirim. Sekian dulu dari adik. Salam rindu.

 

Bagian pembukaan surat pribadi tersebut tepat dilengkapi dengan kalimat...

a. Adik belum mendapat kostum yang cocok makanya kostum adik cepat dikirim.

b. Assalamualiakum Wr. Wb. Mbak Sari apa kabar?

c. Mbak Sari yang baik. Adik mau minta tolong dikirimkan baju menari adik.

d. Wassalamualiakum wr. wb. Dari adikmu yang manis di Jakarta

Jawab : B

 

29. Cermati pantun berikut!

 

Pergi berlibur ke pantai

Pulangnya naik odong-odong

Jadilah anak yang pandai  

(.....)

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....

a. Punya otak janganlah bolong

b. Perangai baik dan tidak sombong

c. Punya teman suka menolong

d. Jangan bicara omong kosong

Jawab : B

 

30. Cermati penulisan alamat surat berikut!

Kepada Yth: Yth. Sdr. Widyawati JIn Anggrek Blok A. No. 23

Jakarta Selatan

 

Perbaikan penulisan alamat tersebut yang tepat adalah ....

a. Yth. Sdr. Widyawati Jln. Anggrek Blok A No. 23 Jakarta selatan

b. Yth: Sdr. Widyawati Jln. Anggrek Blok A No. 23 Jakarta Selatan

c. Yth. Sdr. Widyawati Jln. Anggrek Blok A No. 23 Jakarta Selatan

d. Yth, Sdr. Widyawati Jln. Anggrek Blok A No. 23 Jakarta Selatan

Jawab : C

 

Bagi yang menginginkan file dapat menghubungi admin dengan klik disini.

Demikian yang dapat kami sampaikan pada hari ini Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs semoga bermanfaat.

Tetap semangat belajar, jangan putus asa dan salam sukses.

Terima kasih.

0 Response to "Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 SMP/MTs Tahun 2020-2021"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel