Latihan Soal PAT UAS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 SMP/MTs Tahun 2020-2021
Anaksmp-mts . berjumpa kembali dengan kami, kali ini kami akan berbagi seputar latihan soal PAT atau penilaian akhir tahun 2020-2021 mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 semester 2 yang mana latihan soal ini dpat dijadikan sebagai media belajar.
Latihan Soal PAT UAS Bahasa Indonesia
Kelas 9 Semester 2 SMP/MTs yang akan kami bagikan terdiri dari 30 soal berjenis
soal pilihan ganda, sehingga memudahkan dalam proses belajar atau menyiapakan
dalam menghadapai pelaksanaan uji kompetensi PAT Kelas 9 Semester 2 tersebut.
Dan berikut Latihan Soal PAT UAS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 SMP/MTs yang sudah
kami siapkan dibawah :
A.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e di depan jawaban yang
benar!
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Smartphone merupakan teknologi canggih
yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi baik secara audio maupun visual.
Karena dianggap dapat memudahkan segala aktivitas, smartphone akhirnya
digunakan banyak kalangan orang termasuk anak-anak. Namun pada dasarnya
memberikan izin pada anak-anak untuk menggunakan smartphone maslh menjadi bahan
perdebatan di berbagai kalangan masyarakat.
Pihak yang tidak setuju penggunaan
smartphone oleh anak-anak berpendapat bahvwa sartphone akan merenggut masa
kanak-kanak mereka dengan konten dan fitur-fitur smartphone. Sehingga anak-anak
akan lupa untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar mereka. Dengan
munculnya smartphone anak-anak akan lebih terpaku pada permainan layar dan
melupakan kesenangan mereka semasa kecil, hingga mereka menginjak remaja pun
mereka akan selalu memiliki rasa ketergantungan terhadap smartphone.
Namun bagi mereka yang setuju, smartphono
dianggap akan membantu anak-anak dalam mengembangkan kreativitasnya. Selain itu
dari segi orang tua, mereka akan lebih mudah untuk mengawasi dan menghubungi
anak mereka kapan saja dan dimana saja. Penggunaan smatphone dianggap dapat
mencerdaskan anak-anak karena smartphone mengandung fitur-fitur untuk menunjang
pembelajaran.
1. Kalimat yang menunjukkan unsur kontra terdapat
pada paragraf ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
2. Kalimat kesimpulan yang tepat
berdasarkan teks tersebut adalah ....
a. Sebagai orang tua hendaknya kita dapat
memilah dan memilih dampak dampak smartphone terhadap anak kita.
b. Janganpernah mengawasi penggunaan
smartphone pada anak.
c. Kita sebagai orang tua harus sibuk
bekerja agar kebutuhan anak tercukupi dan pengawasan anak dialihkan kepada
nenek.
d. Berikan fasilitas smartphone kepada
anak agar tidak ketinggalan zaman.
3. Bacalah penggalan teks berikut!
Jika hal ini terus terjadi dan siswa tidak
di hentikan, maka siswa akan terus menerus membuang sampah tidak pada
tempatnya. Dan jika kebiasaan siswa membuang sampah tidak pada tempatnya ini
terus berlangsung, maka lama kelamaan sampah akan menumpuk dan akan menjadi
sarang nyamuk, dan sekolah pun akan menjadi kotor.
Konjungsi yang terdapat dalam teks
tersebut adalah ....
a. jika
b. hal ini
c. menerus
d. sampah
4. Bacalah teks berikut!
Oleh karena itu, peran serta setiap orang
sangat diperlukan dalam mengatasi masalah sampah yang tak ada hentinya ini.
Kita sebagai generasi muda diharapkan untuk dapat mengolah sampah dengan baik
dan benar agar tidak mencemari lingkungan.
Penggalan teks tersebut termasuk struktur
bagian ....
a. isu
b. argument men~ntang
c. argumen mendukung
d. kesimpulan
5. Bacalah kalimat berikut!
Sampah merupakan konsekuensi yang ada
karena aktivitas manusia. Akan tetapi, manusia tidak menyadari bahwa setiap
hari manusia menghasilkan sampah baik organik maupun anorganik.
Kalimat tersebut termasuk kalimat ....
a. ekspresif
b. deskriptif
c. emotif
d. konjungsi
Cermatilah
teks berikut untuk soal no 6-8!
Sampah ialah sesuatu hal yang dianggap
meresahkan masyarakat karena dapat mencemari lingkungan. Jika sampah mengalami
penumpukan akan menyebabkan banjir dan timbulnya berbagai jenis penyakit. Di
berbagai daerah tertentu, sampah merupakan hal yang harus ditanggulangi. pada
dasarnya penanggulangan telah menjadi perdebatan sejak dahulu.
banyak yang beranggapan bahwa sampah
merupakan barang yang tidak berguna lagi sehingga harus dimusnahkan dengan cara
pembakaran. namun solusi tersebut juga dianggap sebagai masalah baru untuk
alam. pembakaran sampah tersebut akan menimbulkan polusi udara seperti bau
tidak sedap dan penipisan lapisan ozon.
sampah yang terdapat disekitar kita dapat
dimanfaatkan dan diolah kembali. cara penanggulangan sampah yang paling tepat
ialah dengan penanganan dan pengolahan sampah yang ramah lingkungan.
6. Informasi teks tersebut adalah ....
a. penanggulangan sampah
b. dampak penangguangan sampan
c. sampah dan lingkungan
d. manfaatkan sampah bagi manusia
7. Kalimat mendukung dalam teks terdapat
pada paragraf ...
a. Banyak yang beranggapan bahwa sampah
meerupakan barang yang tidak berguna lagi.
b. Sampah yang terdapat di sekitar kita
dapat dimanfaatkan dan diolah kembali.
c. Pembakaran sampah tersebut akan
menimbulan polusi udara seperti bau tidak sedap dan penipisan lapisan ozon.
d. Seseorang yang mencintai alamnya akan
memilih cara daur ulang dan dekomposting dalam penanggulangan sampah.
8. Paragraf pertama dalam teks diskusi
tersebut termasuk dalam struktur bagian ....
a. isu
c. pro
b. kesimpulan
d. kontra
9. Kalimat yang merupakan pendapat adalah
...
a. Siapa pun tidak membantah bahwa
kemolekan Pantai Plengkung di Banyuwangi bergema hingga ke mancanegara
b. Menurut catatan Departemen Kelautan dan
perikanan, potensi lestari sumberdaya ikan Indonesia diperkirakan mencapai 6,4
juta ton per tahun
c. Bagi penggemar olahraga selam, kawasan
Kepulauan Derawan memang menjadi surga
d. Di Pulau Meoswarek dan Pakreki terdapat
281 jenis flora dan fauna, antara lain 26 jenis burung, 14 jenis reptile, dan 7
jenis mamalia.
10. Berikut beberapa hal yang perlu
diperhatikan dalam memberikan tanggapan, kecuali ....
a. tanggapan harus sesuai dengan masalah
b. tanggapan disertai dengan alasan logis
c. tanggapan disesuaikan dengan pemahaman
individualis
d. tanggapan disampaikan dengan
komunikatif
11. Berikut bahan diskusi yang tepat untuk
dipilih adalah, kecuali...
a. permasalahan yang terlihat faktual dan
aktual
b. permasalahan yang hingga saat ini belum
dipermasalahkan
c. permasalahan yang menjadi kendala
global
d. permasalahan yang memerlukan analisis
yang cukup lama sekali,
12. Bacalah kutipan di bawah ini!
Narkoba merupakan obat terlarang yang
telah dikenal oleh masyarakat, baik di kalangan orang biasa hingga artis
sekalipun. Narkoba ialah obat psikotropika atau zat adiktit yang memberikan
efek kecanduan bagi pengonsumsinya. Selain itu, narkoba juga memberikan dampak
buruk jika digunakan dalam dosis yang banyak dan terus menerus. Bahaya yang
dapat timbulkan oleh narkoba tersebut sangat beragam seperti membuat pembuluh
darah terganggu, kinerja jantung terganggu, tekanan darah meningkat, gangguan
fungsi reproduksi dan paru paru, menimbukan penyakit AIDS, menurunkan nafsu
makan, sering muntah dan mual mual.
Informasi yang disampaikan dalam teks
tersebut adalah....
a. dampak positif penggunaan narkoba
b. bahaya dan dampak negatif penggunaan
narkoba
c. zat-zat yang terkandung dalam narkoba
d. jenis-jenis narkoba
13. Pengertian diskusi adalah ....
a. tukar pikiran untuk memahami suatu
masalah dan mencari sebab akibatnya serta mencari jalan keluar untuk mengatasi
masalah ersebu!
b. seseorang yang mempunyai kemampuan
membaca dengan keterampilan dasar seperti gerakan mata, membaca frasa, atau
menenal kata-kata kunci
c. teknik membaca untuk mencari hat-hal
penting dari bacaan yang berupa ide pokok
d. membaca yang mengutamakan kecepatan
dengan tidak mengabaikan permasalahannya
14. Di bawah ini yang bukan merupakan
unsur-unsur penting dalam diskusi adalah ....
a. akar permasalah
b. responden
c. permasalahan yang didiskusikan
d. kalimat sanggahan
15. Di bawah ini yang memudahkan orang
dalam memahami teks diskusi adalah ....
a. adanya pernyataan sanggahan dan
dukungan
b. mengerakkan kepala ke kanan dan ke kiri
c. membaca dengan suara yang keras
d. tidak menguangi kata yang dibaca
Bacalah
untuk menjawab soal no 16 dan 17 !
Alkisah ada seorang penjual gorengan yang
selalu menyisakan buntut singkong goreng yang tak terjual. Dia selalu
memberikan sisa gorengan tersebut pada seorang bocah yang sering main di
tempatnya. Tanpa terasa, sudah lebih daii 20 tahun dia menjalani usahnya itu.
Namun tidak ada perubahan yang berarti; usahanya tetap begitu-begitu saja.
Suatu ari, datang seorang pria membawa
mobil mewah, lalu berhenti di depan gerobak gorengannya. Pria itu bertanya,
"Ada gorengan buntut singkong, Pak?" Si tukang gorengan lantas
menjawab, "Nggak ada, Mas."
"Saya kangen sama buntut singkongnya,
Pak. Oulu waktu kecil, ketika ayah saya baru meninggal, tidak ada yang
membiayai hidup saya. Teman-teman saya mengejek saya karena tidak bisa beli
jajanan. Tapi waktu itu, Bapak selalu rnemberi buntut singkong goreng kepada
saya, setiap kali saya main di dekat gerobak Bapak," ujar pria muda ilu.
Tukang gorengan terperangah. "Yang
saya berikan dulu kan cuma buntut singkong.. Kenapa kamu masih ingat
saya?"
"Bapak tidak sekadar memberi buntut
singkong, tapi juga sudah memberikan kebahagiaan dan harapan buat saya. Saya
mungkin tidak bisa membalas budi baik Bapak. Tapi, saya ingin memberangkatkan
Bapak ke Tanah Suci. Semoga Bapak bahagia," lanjut pria itu. Si tukang
singkong goreng hampir tidak percaya. Hanya sebuah kebaikan/sedekah kecil tapi
mendatangkan berkah yang begitu besar!
Sumber: https://iphincow.com/2013/1
1/26kisah-si-tukang-gorengan/
16. Struktur orientasi dalam teks tersebut
terletak pada paragraf ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
17. Pesan yang in gin disampaikan penulis
dalam cerita tersebut adalah ....
a. Jangan pernah berhenti berbuat baik
karena kita tidak tahu kebaikan mana yang akan mendatangkan keberkahan.
b. Teruslah bermimpi agar menjadi orang
yang kaya dan sukses.
c. Balaslah setiap perbuatan orang dengan
setimpal.
d. Jangan pernah meremehkan usaha kecil
karena suatu saat akan jadi besar.
Bacalah
teks berikut ini untuk mengerjakan soal nomor 18-20!
Tahukan kalian lokasi yang aman untuk
menyeberang jalan? Ya, lokasi paling aman untuk menyeberang jalan adalah
melewati zebra cross. Zebra cross adalah suatu jalan yang diberi garis
melintang berwarna putih dan hitam. Fungsinya adalah untuk meyeberang jalan
bagi pejalan kaki. Keberadaan zebra cross ini dapat kalian temui di perempatan
lampu merah dan di depan beberapa lokasi fasilitas umum seperti sekolah,
kantor, pasar, dan lain sebagainya. Sayangnya, keSadaran untuk menggunakan
fasilitas zebra cross dirasa kurang. Masyarakat ada yang senang dan kurang
senang menggunakan fasilitas ini.
18. Penggalan teks tersebut, dalam teks
diskusi termasuk pada bagian ....
a. isu
b. argumen mendukung
c. argumen menolak
d. simpulan dan saran
19. Kata yang mengalami pengulangan adalah
....
a. pejalan kaki
b. zebra cross
c. lampu merah
d. masyarakat
20. Lokasi yang tepat adanya fasilitas
zebra cross adalah di ....
a. setiap jalan dengan jarak 500 meter
b. depan fasilitas umum (sekolah,
perem-patan jalan, kantor, pasar, dan lain-lain)
c. depantaman, kebun, dan lahan kosong
d. setiap lokasi yang jarang di datangi
orang
Bacalah
teks diskusi berikut untuk menjawab soal nomor 21-24!
.
Keluarga Berencana
Saat ini jumlah penduduk di Indonesia
somakin banyak. Angka kelahiran tidak sebanding dengan angka
kematian. Hal ini menyebabkan meledaknya
jumlah penduduk khususnya di beberapa negara berkembang
seperti Indonesia. Kebanyakan orang setuju
bahwa beberapa bentuk pembatasan jumlah kelahiran atau
adanya jarak kelahiran yang diinginkan
untuk kebaikan keluarga dan masyarakat itu perlu. Tetapi beberapa
kelompok agama memiliki pemikiran berbeda.
Mereka menganggap adanya jarak atau pembatasan kelahiran
bertentangan dengan moral.
Beberapa pasangan suami istri melakukan
pembatasan jumlah kelahiran dikarenakan beberapa alasan.
Mereka mungkin lngin membatasi jumlah
kelahiran dikarenakan menginginkan adanya jarak yang teratur
untuk anak-anak mereka atau memang sengaja
untuk tidak memiliki anak sama sekali. Pasangan muda
sering menunda memllikl anak tujuannya
agar dapat bekerja penuh waktu. Pasangan lain memberikan batasan
jarak anak, dengan tujuan agar dapat
memberikan perhatian sebanyak mungkin pada setiap anak. Beberapa
wanita ada yang disarankan oleh dokter
untuk menghindari kehamilan karena alasan kesehatan.
Meskipun kontrol kelahiran telah
mendapatkan penerimaan, tetapi ada boberapa pasangan yang memiliki
pendapat berbeda. Beberapa orang merasa
takut, apabila dengan adanya pengendalian kelahiran akan
mendorong beberapa pasangan belum menikah
melakukan hubungan seksual di luar nikah. Hal tersebut
seja\an dengan pendapat dari beberapa
kelompok agama yang menentang pengendalian kelahiran dengan
alasan moral. Mereka menganggap adanya pengendalian
kelahiran dapat memisahkan tujuan dari pernikahan,
yakni menyatukan dua insan manusai dalam
hubungan yang diberkahi Tuhan.
Menyikapi hal tersebut, pemerintah
berupaya memberikan beberapa jalan tengah. Khusus pasangan
yang menghendaki adanya pembatasan jumlah
anak dapat dianjurkan untuk memilih dan menggunakan
beberapa alat kontrasepsi yang terjual
bebas di apotek atau puskesmas. Sedangkan untuk beberapa pasangan
yang kurang atau tidak menghendaki adanya
pembatasan jumlah anak, maka dapat melakukan kontrol atau
kendali jumlah anak secara alami.
21. Hal yang menjadi pokok pembahasan teks
diskusi tersebut adalah .....
a. pembatasan usia menikah
b. jumlah penduduk di Indonesia
c. pembatasan jumlah kelahiran
d. polemik dalam pernikahan
22. Bagian yang merupakan isu atau
permasalahan terdapat pada paragraf ke ....
a. empat
b. tiga
c. dua
d. satu
23. Bagian yang merupakan saran terdapat
pada paragraf ke ....
a. empat
c. dua
b. tiga
d. satu
24. Berikut salah satu argumen yang
menyatakan kesetujuannya adanya pengendalian jumlah kelahiran adalah ....
a. Program pengendalian kelahiran menurut
beberapa kelompok dianggap kurang efektif di pedesaan.
b. Program keluargaberencana (KB) dapat
memisahkan tujuan dari pernikahan.
c. Pasangan suami istri menhendaki adanya
jarak kelahiran dengan tujuan agar dapat memberikan perhatian sebanyak mungkin
pada setiap anak.
d. Adanya program keluarga berencana (KB)
membuat beberapa pasangan belum menikah terdorong melakukan hubungan seksual di
luar nikah.
25. Pernyataan yang benar tentang diskusi
tertera di bawah ini, kecuali....
a. diskusi adalah bentuk tukar pikiran
untuk membahas suatu masalah
b. diskusikelas dipandu oleh seorang guru
c. dalam diskusi peserta tidak boleh
mengajukan pertanyaan
d. isi pembicaraan harus disusun dalam
bentuk rangkuman
26. Jika hendak mengungkapkan pendapat
dalam suatu diskusi, perlu dilakukan persiapan sepert yang tertera pada
pernyataan di bawah ini, kecuali ....
a. mempelajari masalah yang akan
didiskuskan
b. melengkapi pengetahuan kita mengenai
masalah terseut dengan membaca buku, majalah, surat kabar, dan bertia di media
elektronik
c. membuat rangkuman tentang masalah yang
dibicarakan dengan lengkap dalam urutan yang padat
d. latihan vokal sebelum hadir di forum di
diskusi
27. Perhatikan wacana berikut ini !
Buku ini berjudul Matematika Aplikasi yang
diperuntukkan bagi SMA dan MA kelas XII program studi ilmu alam, supaya dapat
dipelajari sebagai sumber pengetahuan dan siswa dapat mendalami pelajaran
matematika secara luas. Buku lni ditulis oleh Pesta E.S. dan Cecep Anwar H. F.
S, di mana dalam buku ini, siswa dapat belajar aktif melalui aktivitas di
kelas, game math dan siapa berani. Buku ini tergolong buku pelajaran yang
materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik.Buku
ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah
dipahami oleh siswa.Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata
letak yang baik, desain, dan ilustrasi yang menarik dengan memerhatikan tingkat
pemahaman siswa.
Kutipan resensi di atas memaparkan tentang
....
a. ldentitas buku dan lkhtisar isi buku
b. lkhtisar isi buku dan kekurangan buku
c. ldentitas buku dan kelebihan buku
d. I khtisar isi buku dan kelebihan buku
28. Cermatilah penggalan novel berikut !
Novel ini membuka nuansa baru pada
zamannya. Sutan Takdir Alisyahbana membawa pembaharuan dibidang masalah yang
diungkapkan. Wanita zaman sebelumnya, adalah pengabdi dalam keluarga yang
bertanggung jawab kepada rumah tangga, alias ponunggu rumah. Namun Sutan Takdir
Alisyahbana menampilkan kedudukan wanita setara dengan pria bekerja, aktif
diluar rumah dan memajukan kaumnya yang dieakilkan tokoh Tuti. Tokoh ini
sebagai teladan di masa sekarang dan para pelajar (tokoh masa depan).
Berdasarkan data buku tersebut jika
disusun sebagi kalimat resensi tentang keunggulan novel adalah ....
a. Wajarlah novel Layar Terkembang wajib
dibaca oleh para siswa.
b. Memang sepantasnya novel ini mendapat
penghargaan dari dunia pendidikan.
c. Masalah perjuangan emansipasi wanitalah
yang membawa novel ini wajib dikenal di dunia pendidikan.
d. S. Takdir Alisayhbana seorang yang ahli
mengemukakan permasalahan dalam dunia pendidikan.
29. Bacalah teks berikut !
Cerita ini baik dan mudah ditangkap.
Pengarang menyajikan masalah yang aktual dan sering kita jumpai sehari-hari.
Semuanya dapat diterima akal sehat serta tidak membosankan. Pengarang
menguraikan panjang lebar karakter tokoh-tokohnya. Jadi cerita lidak kabur.
Sayang pengarang sering mengulang-ulang kata kasar. Dalam satu buku, mungkin
lebih dari empat kisah.
Kalimat resensi yang mengungkapkan
keunggulan buku adalah ....
a. Cerita dapat diterima akal sehat dan
tidak membosankan.
b. Karakter tidak tergambar dengan cepat
dan membaca berulang-ulang.
c. Cerita diungkapkan seperti lazimnya
cerita yang lain.
d. Kebosanan dapat diatasi oleh pembaca
buku ini.
30. Cermatilah !
Judul : Riwayat Nabi Daud (Raja Adil
Bijaksana, Nabi yang Mulia)
Pengarang : Ismail Pamungkas
Penerbit : PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Tahun : 1995
Setelah dibaca, ternyata buku tersebut
menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
Kalimat resensi yang tepat untuk
menggambarkannya adalah ....
a. Isibuku ini bercerita tentang keadilan
dan kebijaksanaan Nabi Daud. Daud menjadi raja sudah kehendak dari Tuhan.
b. Bahasa yang digunakan dalam buku ini
mudah dipahami dan komunikatif. Dongan demikian, pembaca dapat menikmati cerita
tanpa harus berpikir keras.
c. Selain menarik, kelebihan buku ini juga
dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi cerita sehingga mudah dimengerti.
d. Kekurangan cerita ini hanya terletak
pada kisahnya yang terlalu slngkat sehingga ceritanya kurang lengkap
Untuk kunci jawab klik disini
Demikian yang dapat kami sajikan pada
kesempatan ini tentang Latihan Soal PAT UAS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2
SMP/MTs, semoga dapat bermanfaat.
Salam belajar.
Terima kasih.
0 Response to "Latihan Soal PAT UAS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 SMP/MTs Tahun 2020-2021"
Post a Comment
Berkomentarlah dengan bijak, terima kasih.