Soal PAT UAS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 SMP/MTs Tahun 2020-2021

Anaksmp-mts . berjumpa lagi dengan kami, kali ini pembahasan tentang latihan soal PAT kelas 7 semester 2 SMP/MTs, yang mana sebentar lagi akan diadakan penilaian akhir tahun atau ulangan PAT pada jenjang semester 2 SMP/MTs.

Soal PAT UAS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 SMP/MTs

Soal PAT UAS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 SMP/MTs ini terdiri dari 30 soal pilihan ganda, sehingga dapat dijadikan sebagai media belajar atau sebagai referensi dalam penyusunan soal penilaian akhir tahun semester 2 SMP/MTs.

Berikut Soal PAT UAS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 SMP/MTs yang telah kami siapkan dibawah : 

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar !

1. Bacalah puisi rakyat berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 4 !

Kalau ada sumur diladang, boleh saya numpang mandi.

Kalau ada umur yang panjang, boleh kita berjumpa lagi.

Puisi rakyat terse but termasuk jenis ....

a. talibun

b. karmina

c. pantun 

d. gurindam

 

2. Larik ke-3 dan ke-4 merupakan satu kalimat 

a. tunggal

b. mejemuk

c. aktif 

d. pasif

 

3. Larik ke 3 dan 4 merupakan kalimat saran dengan pola hubungan syarat terdapat pada larik ke ....

a. 1

b. 2

c. 3 

d. 4

 

4. Ditinjau dari jenis kalimat yang digunakan, pantun pada larik ke-1 dan ke-2 menggunakan kalimat ....

a. berita

b. larangan

c. perintah 

d. ajakan

 

5. Seloka tidak terikat dengan ....

a. rima

b. larik

c. isi

d. persajakan

 

6. Bacalah teks berikut !

 

(1) Sang Pemimpi merupakan novel kedua Andrea Hirata. (2) Novel ini mengisahkan masa-masa tokohnya merajut mimpi di SMA dengan nuansa kenakalan khas remaja. (3) Andrea Hirata membawa kita pada kenyataan hidup yang harus dihadapi tokoh-tokohnya dan mimpi-mimpinya. (4) Andrea hampir berhasil membangkitkan obor semangat meraih mimpi lkal, Arai, dan Jimbrom hingga mengantarkan mereka menuju Sorbonne. (5) Novel Sang Pemimpi sangat kaya dengan keindahan bahasa yang dengannya setiap alur terdeskripsikan dengan sempurna. (6) Intelektualitas tinggi dan humor terjalin dengan memesona mengeksplorasi karakter para pelaku. (7) Novel ini sarat dengan nilai moral yang ditunjukkan dengan rasa humanis tinggi orang remaja. (8) Nilai sosialnya juga sangat menonjol, seperti kesetiakawanan antara lkal, Arai, dan Jimboron. Tentu saja, dilengkapi dengan nilai agama yang kental dijalani oleh tokoh-tokohnya.

 

Pernyataan yang merupakan keunggulan novel terdapat pada bagian....

 

a. (1)dan(2)

b. (2)dan(3)

c. (4)dan(5) 

d. (5) dan(6)

 

7. Bacalah teks berikut !

 

Sudah empat tahun aku pindah dari rumah orang tuaku. Berempat dengan pegawai Garuda lain, aku menempati sebuah kamar sempit di suatu rumah pondokan. Bagian belakang ada empat kamar yang sama. Terdapat pula sebuah ruang persegi panjang yang diisi dengan tiga meja serta kumpulan kursi, tempat anak-anak asrama menerima tamu. Tempat tidur, kasur, lemari, sampai perabot ruang duduk tidak ada yang menunjukkan kehidupan mewah.

 

Unsur intrinsik yang dominan dalam cuplikan cerita tersebut adalah....

 

a. alur

b. latar

c. perwatakan 

d. tema

 

8. Bacalah kutipan cerita berikut!

 

(1) Lintang memang tidak memiliki pengalaman emosional dengan Bonenga seperti yang kualami. (2) Dapat dikatakan tak jarang Lintang mempertaruhkan nyawa demi menempuh pendidikan namun tak sehari pun ia pernah membolos. (3) Delapan puluh kilo meter pulang pergi ditempuhnya dengan sepeda setiap hari. Tak pemah mengeluh. (4) Jika kegiatan sekolah berlangsung sampai sore, ia akan tiba malam di rumahnya. Sering aku merasa ngeri membayangkannya.(Laskar Pelangi, Andrea Hirata)

 

Bukti watak tokoh Lintang ulet dan tidak mudah putus asa terdapat pada kalimat nomor ....

a. (1)dan(2)

b. (1)dan (4)

c. (2) dan (3)

d. (2) dan (4)

 

9. Berikut ini adalah ciri-ciri novel, kecuali....

a. memiliki nilai-nilai

b. memiliki karakter

c. memiliki latar, setting dan plot

d. memiliki satu kontflik

 

10. Bacalah penggalan novel berikut!

 

Setiap hari Pak Raden bekerja dengan keras. Tidak peduli siang dan malam, Dia dengan tekun menggerakkan tubuh-tubuhnya yang renta. Selain pekerja keras dan tekun, Pak Raden juga terkenal akan kejujurannya.

 

Penokohan dalam kutipan novel tersebut disampaikan dengan cara ....

a. langsung

b. tidak langsung

c. tersirat

d. lingkungan tokoh

 

11. Teks ulasan disebut jg dengan ....

a. resensi

b. apresepsi

c. sinopsis 

d. komplikasi

 

12. Cermati data buku berikut!

 

Ulasan buku karya Sastranegara ini tidak mendalam dan lidak teliti karena desakan waktu yang disediakan kepada penulisnya. Buku ini merupakan catatan kesan-kesan pertama seorang pembaca.

 

Kalimat yang meryatakan kelemahan buku adalah ....

a. Penulis buku tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalah.

b. Membaca, menikmati, dan menghayati cerpen sastranegara tidak sulit.

c. Buku tersebut disusun karena desakan penerbit.

d. Pengarang menceritakan secara mendetail karya cerpennya.

 

13. Pernyataan berikut ini merupakan unsur-unsur yang ditulis dalam resensi, kecuali ...

a. Memberi informasi tentang keunggulan dan kelemahan buku.

b. Menyajikan penilaian yang objektif.

c. Menginformasikan per1u tidaknya buku tersebut dibaca.

d. Mengungkapkan identitas buku.

 

14. Karangan berbentuk fiksi bertujuan menyampaikan ....

a. ajakan

b. informasi secara imajinatif

c. imbauan

d. cerita rekaan

 

15 Bacalah teks berikut!

 

"Insiden" kecil ini mewamai karya Suwarno yang kalau tidak salah juga merupakan disertasinya. Suwamo adalah orang Yogya.

Pendeknya, ia hidup di sana dan merasakan demikian membudaya. Suwarno mengagumi Hamengku Buwono IX.

Akibatnya, buku itu over repetitive, kurang bermutu, dan kurang perbandingan.

 

Penggalan teks tersebut merupakan unsur buku yang menunjukkan ....

a. keunggulan buku

b. isi pokok buku

c. deskripsi buku

d. kelemahan buku

 

 

Perhatikan pantun berikut untuk menjawab soal no-16- 20 !  

 

(1) Tajin diolah jadilah jamu

(2) Beras direndam jadilah tajin

(3) Belajarlah dengan tekun dan rajin

(4) Agar dapat kau gapai citamu

 

16. Urutan yang tepat agar menjadi pantun yang padu adalah ....

a. (1),(2), (3), (4)

b. (2), (1),(3), (4)

c. (3), (1), (2), (4)

d. (4), (3).(2), (1)

 

17. Jen is pantun di atas adalah ....

a. pantun agama

b. pantun jenaka

c. pantun nasihat

d. pantun berkasih-kasihan

 

18. Baris pertama dan kedua pada pantun disebut .... 

a. isi

b. larik

c. paragraf

d. sampiran

 

19. Baris ketiga daan keempat pada pantun disebut .... 

a. isi 

b. larik

c. sajak

d. sampiran

 

20. lsi dari pantun tersebut adalah ....

a. memberi tahu cara mengolah tajin menjadi jamu

b. mengajak kita rajin belajar agar dapat menggapai cita-cita

c. mengimbau pada kita untuk meminum tajin agar rajin belajar

d. mengatakan bahwa kita dapat menggapai cita-cita tanpa belajar

 

Bacalah surat undangan berikut ini!

Yth. Saudara Bambang Sukadi

Jalan Sidobali 25

Kota Gede, Yogyakarta

..............................

hari : Senin

tanggal : 20 Agustus 2017

waktu : pukul 08.30 sampai selesai

tempat : Aula SMA Pertiwi

Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian saudara.

 

21. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian pembuka surat yang rumpang di atas adalah ...

a. Bersama surat ini saya mengundang saudara rapat

b. Kami mengundang Saudara hadir untuk rapat

c. Dengan surat ini, kami mengundang saudara untuk menghadiri rapat pada

d. Surat ini mengundang Saudara untuk hadir rapat

 

22. Bagian terakhir surat izin adalah ....

a. kalimat penutup

b. salam penutup

c. maksud surat

d. tanda tangan dan identitas pengirim surat

 

23. Surat pribadi biasanya ditujukan untuk...

a. dinas 

b. perusahaan

c. teman

d. instansi

 

Bacalah kutipan cerita berikut dengan cermat untuk menjawab soal no.24-25!

 

Pada suatu pagi anjing itu bangun dari tidurnya kemudian dia berjalan mengitari perkebunan jagung itu sambil mengendus-endus bau hewan lain dengan hidungnya, penciuman anjing itu sangat tajam bahkan anjing itu mampu mencium bau kelinci dari jarak yang sangat jauh, ketika dia berjalan anjing itu mencium bau kelinci dari kejauhan anjing itu mengikuti arah bau itu sampai akhirnya dia melihat seekor kelinci sedang asik memakan pucuk jagung yang masih muda. Anjing itu berjalan perlahan mendekati kelinci tersebut ketika dia sudah sangat dekat dengan kelinci itu sang anjing langsung mengejarnya dengan sangat cepat, namun sang kelinci mendengar langkah anjing itu karena kelinci memiliki telinga yang panjang dan sangat peka terhadap suara. Kelinci itu menhindari sang anjing dengan cepat dia melompat dengan sangat cepat dan lompatan kelinci itu sangat jauh.

 

Sang anjing terus mengejarnya meskipun kelinci itu semakin menjauh dari jarak sang anjing namun sang anjing tidak menyerah begitu saja. Anjing itu memiliki kemampuan berlari tanpa henti sehingga dia mampu mengejar sang kelinci tanpa kelelahan. Meskipun demikian sang kelinci yang sangat cepat melompat menghindari kejaran anjing itu membuat anjing itu kehilangan jejaknya, anjing itu mulai mengendus-ngendus bau sang kelinci dan tidak lama kemudian dia menemukan kelinci itu kini dia mengejarnya leblh cepat dari sebelumnya namun sang kelinci itu tidak dapat dia kejar hingga akhirnya anjing itu menyerah dan tidak melakukan pengejaran terhadap kelinci itu lagi.

 

Ternyata kejadian itu ditonton oleh seekor burung gagak yang sedang bertengger di sebuah pohon yang daunnya sedang gugur ketika anjing itu melewati pohon tersebut sang gagak bertanya kepadanya "Ternyata kelinci itu lebih kencang dibandingkan dengan dirimu" kmudian sang anjing berkata dengan tenang "Apa kau tidak melihat perbedaan yang begitu mencolok antara aku dengan kelinci itu?" sang gagak menjawab "aku tidak melihat perbedaan itu, memang apa perbedaan yang kau maksudkan itu?" Sang anjing menjawab "Aku berlari untuk menangkap makanan sedangkan dia berlari mempertahankan hidupnya, sebuah keinginan akan menentukan kerasnya sebuah usaha".

 

24. Latar pada kutipan fabel di atas adalah .....

a. Disawah

b. Di perkebunan jagung

c. Disungai 2

d. Di hutan

 

25. Berikut nilai molal yang terkandung dalam kutipan cerita di atas, kecuali .....

a. Jika kita memiliki keinginan dan semangat yang kuat untuk mewujudkan apa yang kita inginkan, maka cepat atau lambat keinginan itu pasti akan terwujud.

b. Sebuah keinginan akan menentukan kerasnya sebuah usaha.

c. Semangat dan kerja keras akan mewujudkan impian

d. Sepandai-pandainya kita berpura-pura maka suatu saat akan terlihat juga kebohongannya.

 

26. Pesan moral dalam cerita disampaikan secara ....

a. eksplisit

b. langsung

c. terang-terangan

d. implisit

 

27. Tokoh yang menjadi peran utama dan peran pembantu dalam cerita fabel biasanya adalah .....

a. manusia

b. tumbuhan

c. binatang

d. manusiadan tumbuhan

 

28. Perhatikan kutipan surat pribadi berikut!

 

Jakarta, 20 Mei 2017

Mbak Sari, adek mau menggangu nih. Pada 28 Mei 2017, adik mau menari di sekolah dalam acara peringatan hari Sumpah Pemuda, tetapi kostum adek tertinggal dirumah kita (Surabaya) tolong ya Mbak kostum itu dikirim. Sekian dulu dari adik. Salam rindu.

 

Bagian pembukaan surat pribadi tersebut tepat dilengkapi dengan kalimat...

 

a. Adik belum mendapat kostum yang cocok makanya kostum adik cepat dikirim.

b. Assalamualiakum Wr. Wb. Mbak Sari apa kabar?

c. Mbak Sari yang baik. Adik mau minta tolong dikirimkan baju menari adik.

d. Wassalamualiakum wr. wb. Dari adikmu yang manis di Jakarta

 

 

29. Cermati pantun berikut!

 

Pergi berlibur ke pantai

Pulangnya naik odong-odong

Jadilah anak yang pandai

(.....)

 

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....

a. Punya otak janganlah belong

b. Perangai baik dan tidak sombong

c. Punya teman suka menolong

d. Jangan bicara omong kosong

 

30. Cermati penulisan alamat surat berikut !

 

Kepada Yth: Yth. Sdr. Widyawati Jin Anggrek Blok A. No. 23

Jakarta Selatan

 

Perbaikan penulisan alamat tersebut yang tepat adalah ....

a. Yth. Sdr. Widyawati

Jin. Anggrek Blok A No. 23

Jakarta selatan

b. Yth: Sdr. Widyawati

Jin. Anggrek Blok A. No. 23

Jakarta Selatan.

c. Yth. Sdr. Widyawati

Jalan Anggrek Blok A No. 23

Jakarta Selatan

d. Yth, Sdr. Widyawati

Jin. Anggrek Blok A. No. 23

Jakarta Selatan 

Download

untuk kunci jawaban klik disini

Demikian yang dapat kami bagikan pada kesempatan hari ini tentang Soal PAT UAS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 SMP/MTs, semoga dapat bermanfaat bagi semua.

Selamat belajar.

Terima kasih.

0 Response to "Soal PAT UAS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 SMP/MTs Tahun 2020-2021"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel