Soal PAT UAS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 SMP/MTs Tahun 2020-2021
Anaksmp-mts . berjumpa lagi dengan kami, kali ini pembahasan tentang latihan soal PAT kelas 7 semester 2 SMP/MTs, yang mana sebentar lagi akan diadakan penilaian akhir tahun atau ulangan PAT pada jenjang semester 2 SMP/MTs.
Soal PAT UAS Bahasa Indonesia Kelas 7
Semester 2 SMP/MTs ini terdiri dari 30 soal pilihan ganda, sehingga dapat
dijadikan sebagai media belajar atau sebagai referensi dalam penyusunan soal
penilaian akhir tahun semester 2 SMP/MTs.
Berikut Soal PAT UAS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 SMP/MTs yang telah kami siapkan dibawah :
A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar !
1. Bacalah
puisi rakyat berikut untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 4 !
Kalau ada sumur diladang, boleh saya
numpang mandi.
Kalau ada umur yang panjang, boleh kita
berjumpa lagi.
Puisi rakyat terse but termasuk jenis ....
a. talibun
b. karmina
c. pantun
d. gurindam
2. Larik ke-3 dan ke-4 merupakan satu
kalimat
a. tunggal
b. mejemuk
c. aktif
d. pasif
3. Larik ke 3 dan 4 merupakan kalimat
saran dengan pola hubungan syarat terdapat pada larik ke ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
4. Ditinjau dari jenis kalimat yang
digunakan, pantun pada larik ke-1 dan ke-2 menggunakan kalimat ....
a. berita
b. larangan
c. perintah
d. ajakan
5. Seloka tidak terikat dengan ....
a. rima
b. larik
c. isi
d. persajakan
6. Bacalah teks berikut !
(1) Sang Pemimpi merupakan novel kedua
Andrea Hirata. (2) Novel ini mengisahkan masa-masa tokohnya merajut mimpi di
SMA dengan nuansa kenakalan khas remaja. (3) Andrea Hirata membawa kita pada
kenyataan hidup yang harus dihadapi tokoh-tokohnya dan mimpi-mimpinya. (4)
Andrea hampir berhasil membangkitkan obor semangat meraih mimpi lkal, Arai, dan
Jimbrom hingga mengantarkan mereka menuju Sorbonne. (5) Novel Sang Pemimpi
sangat kaya dengan keindahan bahasa yang dengannya setiap alur terdeskripsikan
dengan sempurna. (6) Intelektualitas tinggi dan humor terjalin dengan memesona
mengeksplorasi karakter para pelaku. (7) Novel ini sarat dengan nilai moral
yang ditunjukkan dengan rasa humanis tinggi orang remaja. (8) Nilai sosialnya
juga sangat menonjol, seperti kesetiakawanan antara lkal, Arai, dan Jimboron.
Tentu saja, dilengkapi dengan nilai agama yang kental dijalani oleh
tokoh-tokohnya.
Pernyataan yang merupakan keunggulan novel
terdapat pada bagian....
a. (1)dan(2)
b. (2)dan(3)
c. (4)dan(5)
d. (5) dan(6)
7. Bacalah teks berikut !
Sudah empat tahun aku pindah dari rumah
orang tuaku. Berempat dengan pegawai Garuda lain, aku menempati sebuah kamar
sempit di suatu rumah pondokan. Bagian belakang ada empat kamar yang sama.
Terdapat pula sebuah ruang persegi panjang yang diisi dengan tiga meja serta
kumpulan kursi, tempat anak-anak asrama menerima tamu. Tempat tidur, kasur,
lemari, sampai perabot ruang duduk tidak ada yang menunjukkan kehidupan mewah.
Unsur intrinsik yang dominan dalam
cuplikan cerita tersebut adalah....
a. alur
b. latar
c. perwatakan
d. tema
8. Bacalah kutipan cerita berikut!
(1) Lintang memang tidak memiliki
pengalaman emosional dengan Bonenga seperti yang kualami. (2) Dapat dikatakan
tak jarang Lintang mempertaruhkan nyawa demi menempuh pendidikan namun tak
sehari pun ia pernah membolos. (3) Delapan puluh kilo meter pulang pergi
ditempuhnya dengan sepeda setiap hari. Tak pemah mengeluh. (4) Jika kegiatan
sekolah berlangsung sampai sore, ia akan tiba malam di rumahnya. Sering aku
merasa ngeri membayangkannya.(Laskar Pelangi, Andrea Hirata)
Bukti watak tokoh Lintang ulet dan tidak
mudah putus asa terdapat pada kalimat nomor ....
a. (1)dan(2)
b. (1)dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)
9. Berikut ini adalah ciri-ciri novel,
kecuali....
a. memiliki nilai-nilai
b. memiliki karakter
c. memiliki latar, setting dan plot
d. memiliki satu kontflik
10. Bacalah penggalan novel berikut!
Setiap hari Pak Raden bekerja dengan
keras. Tidak peduli siang dan malam, Dia dengan tekun menggerakkan
tubuh-tubuhnya yang renta. Selain pekerja keras dan tekun, Pak Raden juga
terkenal akan kejujurannya.
Penokohan dalam kutipan novel tersebut
disampaikan dengan cara ....
a. langsung
b. tidak langsung
c. tersirat
d. lingkungan tokoh
11. Teks ulasan disebut jg dengan ....
a. resensi
b. apresepsi
c. sinopsis
d. komplikasi
12. Cermati data buku berikut!
Ulasan buku karya Sastranegara ini tidak
mendalam dan lidak teliti karena desakan waktu yang disediakan kepada
penulisnya. Buku ini merupakan catatan kesan-kesan pertama seorang pembaca.
Kalimat yang meryatakan kelemahan buku
adalah ....
a. Penulis buku tidak teliti dan tidak
mendalam mengulas masalah.
b. Membaca, menikmati, dan menghayati
cerpen sastranegara tidak sulit.
c. Buku tersebut disusun karena desakan
penerbit.
d. Pengarang menceritakan secara mendetail
karya cerpennya.
13. Pernyataan berikut ini merupakan
unsur-unsur yang ditulis dalam resensi, kecuali ...
a. Memberi informasi tentang keunggulan
dan kelemahan buku.
b. Menyajikan penilaian yang objektif.
c. Menginformasikan per1u tidaknya buku
tersebut dibaca.
d. Mengungkapkan identitas buku.
14. Karangan berbentuk fiksi bertujuan
menyampaikan ....
a. ajakan
b. informasi secara imajinatif
c. imbauan
d. cerita rekaan
15 Bacalah teks berikut!
"Insiden" kecil ini mewamai
karya Suwarno yang kalau tidak salah juga merupakan disertasinya. Suwamo adalah
orang Yogya.
Pendeknya, ia hidup di sana dan merasakan
demikian membudaya. Suwarno mengagumi Hamengku Buwono IX.
Akibatnya, buku itu over repetitive,
kurang bermutu, dan kurang perbandingan.
Penggalan teks tersebut merupakan unsur buku
yang menunjukkan ....
a. keunggulan buku
b. isi pokok buku
c. deskripsi buku
d. kelemahan buku
Perhatikan
pantun berikut untuk menjawab soal no-16- 20 !
(1) Tajin diolah jadilah jamu
(2) Beras direndam jadilah tajin
(3) Belajarlah dengan tekun dan rajin
(4) Agar dapat kau gapai citamu
16. Urutan yang tepat agar menjadi pantun
yang padu adalah ....
a. (1),(2), (3), (4)
b. (2), (1),(3), (4)
c. (3), (1), (2), (4)
d. (4), (3).(2), (1)
17. Jen is pantun di atas adalah ....
a. pantun agama
b. pantun jenaka
c. pantun nasihat
d. pantun berkasih-kasihan
18. Baris pertama dan kedua pada pantun
disebut ....
a. isi
b. larik
c. paragraf
d. sampiran
19. Baris ketiga daan keempat pada pantun
disebut ....
a. isi
b. larik
c. sajak
d. sampiran
20. lsi dari pantun tersebut adalah ....
a. memberi tahu cara mengolah tajin
menjadi jamu
b. mengajak kita rajin belajar agar dapat
menggapai cita-cita
c. mengimbau pada kita untuk meminum tajin
agar rajin belajar
d. mengatakan bahwa kita dapat menggapai
cita-cita tanpa belajar
Bacalah surat undangan berikut ini!
Yth. Saudara Bambang Sukadi
Jalan Sidobali 25
Kota Gede, Yogyakarta
..............................
hari : Senin
tanggal : 20 Agustus 2017
waktu : pukul 08.30 sampai selesai
tempat : Aula SMA Pertiwi
Kami mengucapkan terima kasih atas
perhatian saudara.
21. Kalimat yang tepat untuk melengkapi
bagian pembuka surat yang rumpang di atas adalah ...
a. Bersama surat ini saya mengundang
saudara rapat
b. Kami mengundang Saudara hadir untuk
rapat
c. Dengan surat ini, kami mengundang
saudara untuk menghadiri rapat pada
d. Surat ini mengundang Saudara untuk
hadir rapat
22. Bagian terakhir surat izin adalah ....
a. kalimat penutup
b. salam penutup
c. maksud surat
d. tanda tangan dan identitas pengirim
surat
23. Surat pribadi biasanya ditujukan
untuk...
a. dinas
b. perusahaan
c. teman
d. instansi
Bacalah
kutipan cerita berikut dengan cermat untuk menjawab soal no.24-25!
Pada suatu pagi anjing itu bangun dari
tidurnya kemudian dia berjalan mengitari perkebunan jagung itu sambil
mengendus-endus bau hewan lain dengan hidungnya, penciuman anjing itu sangat
tajam bahkan anjing itu mampu mencium bau kelinci dari jarak yang sangat jauh,
ketika dia berjalan anjing itu mencium bau kelinci dari kejauhan anjing itu
mengikuti arah bau itu sampai akhirnya dia melihat seekor kelinci sedang asik
memakan pucuk jagung yang masih muda. Anjing itu berjalan perlahan mendekati
kelinci tersebut ketika dia sudah sangat dekat dengan kelinci itu sang anjing
langsung mengejarnya dengan sangat cepat, namun sang kelinci mendengar langkah
anjing itu karena kelinci memiliki telinga yang panjang dan sangat peka
terhadap suara. Kelinci itu menhindari sang anjing dengan cepat dia melompat
dengan sangat cepat dan lompatan kelinci itu sangat jauh.
Sang anjing terus mengejarnya meskipun
kelinci itu semakin menjauh dari jarak sang anjing namun sang anjing tidak
menyerah begitu saja. Anjing itu memiliki kemampuan berlari tanpa henti
sehingga dia mampu mengejar sang kelinci tanpa kelelahan. Meskipun demikian
sang kelinci yang sangat cepat melompat menghindari kejaran anjing itu membuat
anjing itu kehilangan jejaknya, anjing itu mulai mengendus-ngendus bau sang
kelinci dan tidak lama kemudian dia menemukan kelinci itu kini dia mengejarnya
leblh cepat dari sebelumnya namun sang kelinci itu tidak dapat dia kejar hingga
akhirnya anjing itu menyerah dan tidak melakukan pengejaran terhadap kelinci
itu lagi.
Ternyata kejadian itu ditonton oleh seekor
burung gagak yang sedang bertengger di sebuah pohon yang daunnya sedang gugur
ketika anjing itu melewati pohon tersebut sang gagak bertanya kepadanya
"Ternyata kelinci itu lebih kencang dibandingkan dengan dirimu"
kmudian sang anjing berkata dengan tenang "Apa kau tidak melihat perbedaan
yang begitu mencolok antara aku dengan kelinci itu?" sang gagak menjawab
"aku tidak melihat perbedaan itu, memang apa perbedaan yang kau maksudkan
itu?" Sang anjing menjawab "Aku berlari untuk menangkap makanan
sedangkan dia berlari mempertahankan hidupnya, sebuah keinginan akan menentukan
kerasnya sebuah usaha".
24. Latar pada kutipan fabel di atas
adalah .....
a. Disawah
b. Di perkebunan jagung
c. Disungai 2
d. Di hutan
25. Berikut nilai molal yang terkandung
dalam kutipan cerita di atas, kecuali .....
a. Jika kita memiliki keinginan dan
semangat yang kuat untuk mewujudkan apa yang kita inginkan, maka cepat atau
lambat keinginan itu pasti akan terwujud.
b. Sebuah keinginan akan menentukan
kerasnya sebuah usaha.
c. Semangat dan kerja keras akan
mewujudkan impian
d. Sepandai-pandainya kita berpura-pura
maka suatu saat akan terlihat juga kebohongannya.
26. Pesan moral dalam cerita disampaikan
secara ....
a. eksplisit
b. langsung
c. terang-terangan
d. implisit
27. Tokoh yang menjadi peran utama dan
peran pembantu dalam cerita fabel biasanya adalah .....
a. manusia
b. tumbuhan
c. binatang
d. manusiadan tumbuhan
28. Perhatikan kutipan surat pribadi
berikut!
Jakarta, 20 Mei 2017
Mbak Sari, adek mau menggangu nih. Pada 28
Mei 2017, adik mau menari di sekolah dalam acara peringatan hari Sumpah Pemuda,
tetapi kostum adek tertinggal dirumah kita (Surabaya) tolong ya Mbak kostum itu
dikirim. Sekian dulu dari adik. Salam rindu.
Bagian pembukaan surat pribadi tersebut
tepat dilengkapi dengan kalimat...
a. Adik belum mendapat kostum yang cocok
makanya kostum adik cepat dikirim.
b. Assalamualiakum Wr. Wb. Mbak Sari apa
kabar?
c. Mbak Sari yang baik. Adik mau minta
tolong dikirimkan baju menari adik.
d. Wassalamualiakum wr. wb. Dari adikmu
yang manis di Jakarta
29. Cermati pantun berikut!
Pergi berlibur ke pantai
Pulangnya naik odong-odong
Jadilah anak yang pandai
(.....)
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun
tersebut adalah ....
a. Punya otak janganlah belong
b. Perangai baik dan tidak sombong
c. Punya teman suka menolong
d. Jangan bicara omong kosong
30. Cermati penulisan alamat surat berikut
!
Kepada Yth: Yth. Sdr. Widyawati Jin
Anggrek Blok A. No. 23
Jakarta Selatan
Perbaikan penulisan alamat tersebut yang
tepat adalah ....
a. Yth. Sdr. Widyawati
Jin. Anggrek Blok A No. 23
Jakarta selatan
b. Yth: Sdr. Widyawati
Jin. Anggrek Blok A. No. 23
Jakarta Selatan.
c. Yth. Sdr. Widyawati
Jalan Anggrek Blok A No. 23
Jakarta Selatan
d. Yth, Sdr. Widyawati
Jin. Anggrek Blok A. No. 23
Jakarta Selatan
untuk kunci jawaban klik disini
Demikian yang dapat kami bagikan pada
kesempatan hari ini tentang Soal PAT UAS
Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 SMP/MTs, semoga dapat bermanfaat bagi
semua.
Selamat belajar.
Terima kasih.
0 Response to "Soal PAT UAS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 SMP/MTs Tahun 2020-2021"
Post a Comment
Berkomentarlah dengan bijak, terima kasih.